kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasca insiden dengan AS di Laut Oman, Iran gelar latihan militer skala besar


Senin, 08 November 2021 / 13:08 WIB
Pasca insiden dengan AS di Laut Oman, Iran gelar latihan militer skala besar
ILUSTRASI. Sebuah peluru kendali diluncurkan oleh militer Iran saat latihan Angkatan Laut di Teluk Oman, dalam foto yang didapatkan 14 Januari 2021. Iranian Army/WANA (West Asia News Agency)/Handout via REUTERS


Sumber: Al Jazeera | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - TEHERAN. Iran mengadakan latihan militer laut, darat, dan udara skala besar, tak lama setelah Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) dan Angkatan Laut AS terlibat konfrontasi di Laut Oman terkait penyitaan sebuah kapal tanker minyak.

Latihan militer itu berlangsung mulai Minggu (711) pagi yang melibatkan tentara, kapal perang, kendaraan lapis baja, pesawat tempur berawak dan tak berawak, serta sistem rudal dan radar dalam kapasitas ofensif juga defensif.

Abdolrahim Mousavi, Panglima Tentara Iran, mengatakan kepada televisi Pemerintah Iran, latihan akan digelar di area seluas satu juta kilometer persegi di Timur Selat Hormuz, Laut Oman, dan bagian Utara Samudra Hindia.

Di darat, latihan akan diadakan di area Provinsi Sistan dan Balochistan juga Hormozgan di sekitar Pantai Makran.

Baca Juga: Buat cegat serangan udara Houthi, AS jual rudal US$ 650 juta ke Arab Saudi

“Karena kami menyadari bahwa musuh berusaha mengumpulkan informasi yang diperlukan setelah pasukan kami bergerak di daerah itu," kata Mousavi di Pangkalan Angkatan Laut Konarak.

"Mulai hari ini (7/11), kami memperkuat upaya kami untuk memantau pergerakan musuh yang telah dimulai beberapa hari yang lalu,” ujarnya, seperti dikutip Al Jazeera.

Mousavi menyebutkan, pada hari pertama latihan militer, kapal perang dan pasukan komando akan melakukan operasi untuk menembus pertahanan pantai musuh dari laut. Sementara pasukan Iran dan sistem rudal juga radar bakal mensimulasikan pertahanan garis pantai.

TV Pemerintah Iran juga menayangkan cuplikan speedboat yang bermanuver di laut, tentara yang menaiki helikopter tempur, dan pasukan komando yang terjun payung dari pesawat untuk mendarat di area pantai.

Baca Juga: Pejabat AS klaim Iran di balik serangan pesawat tak berawak di pangkalan AS di Suriah




TERBARU

[X]
×