kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,19   -7,17   -0.77%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pejabat Korea Selatan: Bukan sakit, Kim Jong-un hanya sedang menghindari virus corona


Selasa, 28 April 2020 / 13:36 WIB
Pejabat Korea Selatan: Bukan sakit, Kim Jong-un hanya sedang menghindari virus corona
ILUSTRASI. Pejabat Korea Selatan mengatakan, Kim Jong-un hanya sedang menghindari penyebaran virus corona, bukan sakit apalagi sekarat


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Teka-teki keberadaan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un hingga kini belum terjawab. Namun, para pejabat Korea Selatan memperkirakan, Kim Jong-un yang melewatkan sejumlah acara penting sedang menghindari kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona, bukan karena sakit. 

Absennya Kim Jong-un dari upacara-upacara publik pada ulang tahun kelahiran kakeknya dan pendiri negara itu, Kim Il-sung memang belum pernah terjadi sebelumnya. Bahkan dia belum terlihat lagi di depan umum sejak itu. 

Hal ini telah menyebabkan spekulasi mengenai kesehatannya pemimpin berusia 36 tahun ini. Para pejabat Korea Selatan menekankan, mereka tidak menemukan gerakan yang tidak biasa di Korea Utara dan telah memperingatkan terhadap laporan bahwa Kim Jong-un mungkin sakit.

Baca Juga: Pembelot Korut: Yang tahu kondisi Kim Jong Un sebenarnya hanya istri dan adiknya

Korea Utara mengatakan, tidak memiliki kasus yang dikonfirmasi mengenai virus korona, tetapi mengingat fakta bahwa negara itu telah mengambil langkah-langkah ketat untuk mencegah wabah, ketidakhadiran Kim Jong Un dari upacara penting sebenarnya tidak terlalu luar biasa. 

Menteri Unifikasi Kim Yeon-chul, yang mengawasi Korea Utara mengatakan hal tersebut kepada anggota parlemen pada Selasa (28/4).

"Memang benar bahwa dia tidak pernah melewatkan peringatan ulang tahun Kim Il Sung sejak dia berkuasa, tetapi banyak acara peringatan termasuk perayaan dan perjamuan dibatalkan karena masalah coronavirus," kata Kim Yeon-chul pada sidang parlemen.

Dia menambahkan, setidaknya ada dua contoh sejak pertengahan Januari di mana Kim Jong un tidak terlihat selama hampir 20 hari. "Saya tidak berpikir itu sangat tidak biasa mengingat situasi (pandemi virus corona) saat ini," ujar Kim Yeon-chul.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×