kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembalap Ducati Bagnaia Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP Kedua Kalinya Secara Beruntun


Senin, 27 November 2023 / 06:50 WIB
Pembalap Ducati Bagnaia Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP Kedua Kalinya Secara Beruntun
ILUSTRASI. Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia (kiri) dan pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales melakukan selebrasi usai memenangi balapan MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023). Francesco Bagnaia menjuarai MotoGP Mandalika setelah menyelesaikan 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik disusul pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - VALENCIA. Francesco Bagnaia dari Ducati memenangi Grand Prix (GP) Valencia yang menjadi penutup musim ini pada hari Minggu (24/11), untuk merebut gelar juara dunia MotoGP untuk kedua kalinya secara beruntun. 

Setelah pesaing terdekatnya, Jorge Martin terjatuh akibat bertabrakan dengan Marc Marquez.

Martin dari Pramac Racing, yang tertinggal 14 poin dari Bagnaia menjelang balapan terakhir, membuat perburuan gelar semakin ketat dengan memenangkan sprint hari Sabtu (23/11). Namun akhirnya tidak mampu menggagalkan langkah pembalap Italia itu.

Baca Juga: Kontrak Marc Marquez di Gresini Racing Hanya Setahun

Bagnaia, yang memulai balapan dari posisi terdepan setelah Maverick Vinales terkena penalti tiga tempat, melakukan start yang sangat baik tetapi diimbangi oleh Martin, yang naik dari posisi keenam ke posisi kedua pada tikungan kedua balapan.

Namun, Martin terlalu gegabah dalam usahanya untuk menyalip Bagnaia dan senggolan antara keduanya di tikungan pertama pada lap ketiga membuat pembalap asal Spanyol itu terpaksa melebar dan turun ke posisi ketujuh.

Martin berusaha berhati-hati di Sirkuit Ricardo Tormo dan mencoba untuk naik kembali ke posisi terdepan, namun ia bersenggolan dengan Marquez dan terjatuh di gravel pada lap keenam.

Baca Juga: Indonesian GP 2023: 22 Pembalap MotoGP Dipastikan Berlaga di Mandalika

Kecelakaan tersebut memastikan akhir yang suram bagi juara MotoGP enam kali, Marquez di Honda, dengan balapan terakhirnya bersama pabrikan Jepang itu berakhir tanpa hasil. Marquez akan bergabung dengan Gresini Racing pada tahun 2024.

Jack Miller dari KTM memimpin balapan untuk waktu yang cukup lama setelah menyalip Bagnaia di lap ke-15. 

Namun pembalap Australia itu terjatuh di lap ke-20 dan membuang peluangnya untuk meraih kemenangan.

Dengan lintasan yang bersih di depannya, Bagnaia melintasi garis finis pertama untuk memastikan gelar juara. 

Meskipun ia harus menahan Fabio Di Giannantonio dari Gresini Racing dan Johann Zarco dari Pramac Racing - yang berada di urutan kedua dan ketiga.

Marco Bezzecchi dari VR46 Racing, Enea Bastianini dari Ducati, dan Augusto Fernandez dari GasGas Factory Racing Tech3 juga tidak dapat menyelesaikan balapan yang diwarnai dengan kecelakaan ini.




TERBARU

[X]
×