kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Malaysia suntik dana RM 2,8 miliar untuk menyelesaikan Tun Razak Exchange


Jumat, 22 Juni 2018 / 09:37 WIB
Pemerintah Malaysia suntik dana RM 2,8 miliar untuk menyelesaikan Tun Razak Exchange
ILUSTRASI. Menara Petronas - ilustrasi perekonomian, pariwisata Malaysia


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Pemerintah Malaysia pada hari Kamis (21/6) menyatakan akan mendanai hingga RM 2,8 miliar atau setara dengan US$ 697,9 juta untuk menyelesaikan pengembangan Tun Razak Exchange (TRX), distrik keuangan terpadu di Kuala Lumpur.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (21/6), Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng mengatakan keputusan itu akan membantu menghilangkan kekhawatiran investor lokal dan asing mengenai nasib proyek, yang dikembangkan oleh TRX City (TRXC).

"Menyuntikkan tambahan RM 2,8 miliar, di samping RM 3,7 miliar yang ditransfer sebelumnya ke TRXC, akan membawa total pendanaan oleh pemerintah menjadi RM 6,5 miliar," ujar Lim Guan Eng, dilansir dari Channel News Asia, Kamis (21/6).

Lim juga mengungkapkan bahwa TRXC tidak memiliki dana untuk pekerjaan infrastruktur untuk menyelesaikan proyek dan mencari bantuan keuangan pemerintah.

Pasalnya, pengembang 1Malaysia Development Berhad (1MDB) menyalahgunakan dana sebesar RM 3 miliar untuk membayar kewajiban yang tidak terkait dengan proyek TRXC ini.

Dus, peran dari pemerintah Malaysia dengan suntikan dana ini juga dimaksudkan untuk menutup semua dana yang disalahgunakan, membayar semua pinjaman, memulihkan semua investasi pendanaan dan biaya peluang, serta berpotensi mencapai pengembalian surplus kecil. Sementara, untuk menyelesaikan TRXC sendiri dibutuhkan dana sebesar RM 7,6 miliar.

Lim menambahkan bahwa ia telah menginstruksikan manajemen TRXC untuk mengajukan laporan dengan panel investigasi 1MDB dan polisi pada RM 3 miliar dana yang disalahgunakan.

Ia meyakinkan warga Malaysia bahwa kementeriannya akan memastikan bahwa suntikan dana dihabiskan dengan hati-hati untuk melindungi kepentingan para pembayar pajak, serta para investor asing dan lokal yang ada di TRXC.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×