kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyanyi Superstar Shakira Dituntut 8 Tahun Penjara oleh Jaksa Spanyol, Ada Apa?


Sabtu, 30 Juli 2022 / 05:15 WIB
Penyanyi Superstar Shakira Dituntut 8 Tahun Penjara oleh Jaksa Spanyol, Ada Apa?


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MADRID. Jaksa Spanyol menuntut hukuman penjara delapan tahun untuk superstar Kolombia Shakira. Dokumen kantor kejaksaan menunjukkan pada Jumat (29/7/2022), tuntutan itu ditujukan atas kasus penggelapan pajak senilai 14,5 juta euro atau setara dengan Rp 220 miliar.

Melansir Reuters, penyanyi yang telah menjual lebih dari 80 juta rekaman di seluruh dunia dengan hits seperti "Hips Don't Lie", awal pekan ini menolak tawaran penyelesaian dari kantor kejaksaan untuk menutup kasus tersebut.

Dia dituduh gagal membayar pajak antara 2012 dan 2014, periode di mana Shakira mengatakan dia tidak tinggal di Spanyol.

Dokumen kejaksaan yang berhasil didapat Reuters, menegaskan bahwa Shakira biasanya tinggal di Spanyol antara 2012 dan 2014 dan pada Mei 2012 membeli sebuah rumah di Barcelona yang menjadi rumah keluarga untuk dirinya sendiri, pasangannya, dan putra mereka yang lahir di Spanyol pada 2013.

Jaksa menuntut hukuman penjara delapan tahun dan denda lebih dari 23 juta euro (US$ 23,5 juta) jika dia dinyatakan bersalah. Belum ada tanggal untuk persidangan yang ditetapkan.

Baca Juga: Film Terbaru One Piece Red Kapan Tayang di Bioskop Indonesia? Ini Jadwal Resminya

Diminta untuk berkomentar, perwakilan Shakira merujuk pada pernyataan sebelumnya yang dikirim pada hari Rabu yang mengatakan dia "sepenuhnya yakin dia tidak bersalah" dan bahwa dia menganggap kasus itu "pelanggaran total terhadap haknya".

Ketentuan dari penawaran penyelesaian sebelumnya belum diungkapkan.

Penyanyi berusia 45 tahun - dijuluki Ratu Pop Latin - mengatakan dia awalnya membayar 17,2 juta euro yang menurut kantor pajak Spanyol merupakan hutang dan mengklaim dia tidak memiliki hutang dengan otoritas pajak.

Baca Juga: Kekayaan Intelektual Bisa Jadi Agunan, Ekonom Sorot Hal Ini

Perkembangan terbaru dalam kasus pajak datang sebulan setelah Shakira dan suaminya, bek FC Barcelona Gerard Pique, mengumumkan bahwa mereka akan berpisah. Shakira, 45, dan Pique, 35, telah bersama sejak 2011 dan memiliki dua putra.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×