kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perluas internet ke pedesaan, Kolombia lelang proyek bandwidth senilai US$ 1,5 miliar


Minggu, 22 Desember 2019 / 17:40 WIB
Perluas internet ke pedesaan, Kolombia lelang proyek bandwidth senilai US$ 1,5 miliar
ILUSTRASI. Perluas internet ke pedesaan, Kolombia lelang proyek bandwidth senilai US$ 1,5 miliar. REUTERS/Valentyn Ogirenko


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BOGOTA. Guna meningkatkan dan memperluas akses internet hingga pelosok negeri, Kolombia memberikan bandwidth kepada tiga penawar lelang. Mengutip Reuters pada Ahad (22/12), nilai lelang tersebut senilai 5 triliun peso atau setara dengan US$ 1,5 miliar.

Adapun tiga perusahaan itu ialah Claro, anak perusahaan dari America Movil, Tigo de Millicom, dan Novator Partners dari Inggris. Sementara Movistar, anak perusahaan dari Telefónica of Spain, tidak mendapatkan lelang ini.

"Ini adalah proyek konektivitas sosial seluler terbesar dalam sejarah Kolombia yang akan memungkinkan, untuk pertama kalinya, membawa internet ke jutaan warga Kolombia di daerah pedesaan," kata Presiden Ivan Duque dalam cuitan Twitter.

Baca Juga: Kolombia bergejolak: Terjadi bentrokan dan penjarahan sporadis di Bogota

Adapun lanskap bisnis ponsel Kolombia didominasi oleh Claro. Lalu diikuti oleh Movistar, Tigo, Avantel, dan ETB. Kementerian Teknologi Informasi dan Komunikasi mengatakan pada hari Jumat bahwa Claro dianugerahi 20 megahertz (MHz) di pita 700 MHz dan 30 Mhz di pita 2.500 MHz.

Tigo memenangkan 40 MHz di band 700 Mhz dan Novator Partners mendapatkan 20 MHz di band 700 Mhz dan 30 MHz di band 2.500 Mhz, tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Tidak ada penawaran yang diajukan untuk band 1.900 MHz dan di band 700 MHz 10 MHz tersisa. Semua band 2.500 MHz yang ditawarkan diambil.

Band 700 megahertz mencakup wilayah Kolombia yang paling tidak berkembang dan paling pedesaan, sedangkan band megahertz yang lebih tinggi berguna untuk penyedia layanan yang mencari pangsa pasar di daerah perkotaan, di mana jangkauannya membantu memastikan layanan di tengah kepadatan pengguna yang lebih tinggi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×