kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pertumbuhan ekonomi Filipina di 2019 hanya 5,9%


Kamis, 23 Januari 2020 / 11:03 WIB
Pertumbuhan ekonomi Filipina di 2019 hanya 5,9%
ILUSTRASI. Pertumbuhan ekonomi Filipina terhambat penyerapan anggaran

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - MANILA. Pertumbuhan ekonomi Filipina di bawah ekspektasi setelah hanya tumbuh 5,9% sepanjang 2019 lalu. Ini menjadi pertumbuhan ekonomi terendah dalam delapan tahun terakhir.

Badan Statistik Filipina mengatakan, pada kuartal IV-2019, produk domestik bruto (PDB) Filipina tumbuh 6,4%.  Angka ini lebih rendah dibanding hasil jajak pendapat Reuters yang memperkirakan ekonomi Filipina pada tiga bulan terakhir tahun lalu naik 6,5%.

Kegagalan Filipina menggenjot ekonomi pada periode Oktober-Desember lalu membuat pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan hanya 5,9%. Angka ini pun di bawah target pemerintah yang ada di kisaran 6,0%-6,5%. 

Baca Juga: Bank Negara Malaysia pangkas suku bunga 25 basis poin

"Ini juga menandai pertumbuhan terendah dalam delapan tahun terakhir," kata Ernesto Pernia, Sekretaris Perencanaan Sosial Ekonomi Filipina seperti dikutip Reuters, Kamis (23/1).

Lebih lanjut Pernia bilang, keterlambatan dalam pengesahan anggaran membuat pertumbuhan ekonomi Filipina gagal memenuhi target.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi yang di bawah target ini bakal mendorong bank sentral Filipina untuk melanjutkan pelonggaran kebijakan di kuartal I-2020 ini. "Pelonggaran kebijakan bisa berupa pemangkasan suku bunga atau rasio pencadangan bank," kata Emilio Neri, ekonom Bank of the Philippine Islands. 




TERBARU

Close [X]
×