Pertumbuhan Ekonomi Malaysia Capai 8,9% di Kuartal II-2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:17 WIB Sumber: Reuters
Pertumbuhan Ekonomi Malaysia Capai 8,9% di Kuartal II-2022

ILUSTRASI. Ekonomi Malaysia tumbuh 8,9% yoy di kuartal II-2022

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Pertumbuhan ekonomi Malaysia di kuartal II-2022 capai 8,9% secara tahunan atau year on year (yoy). Ini jadi pertumbuhan dengan laju tahunan tercepat dalam setahun, yang didorong oleh ekspansi permintaan domestik dan ekspor yang tangguh.

Jumat (12/8), Bank Negara Malaysia (BNM) melaporkan, Produk Domestik Bruto (PDB) Malaysia pada periode April-Juni melonjak 8,9% yoy. Realisasi ini, lebih cepat dari proyeksi pertumbuhan 6,7% dalam jajak pendapat Reuters dan naik dari pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2022 yang hanya 5%.

Tingkat pertumbuhan ekonomi itu juga lebih cepat daripada tingkat tahunan yang terlihat sejak kuartal II-2021. Saat itu, PDB Malaysia melesat 16,1% dari basis tahun sebelumnya yang memang rendah.

PDB yang disesuaikan secara musiman untuk periode April-Juni naik 3,5% dibanding kuartal sebelumnya. Asal tahu saja, pertumbuhan ekonomi Malaysia di kuartal I-2022 capai 3,8% dibanding kuartal sebelumnya. .

Baca Juga: Paling Perkasa di Asia, Rupiah Spot Menguat ke Rp 14.675 Per Dolar di Tengah Hari Ini

Ekonomi Malaysia telah berada di jalur pemulihan yang kuat sejak negara itu membuka kembali perbatasannya pada bulan April.

Pertumbuhan setahun penuh untuk 2022 akan berada di target atas pada kisaran perkiraan sebelumnya, yang berada dalam rentang 5,3% hingga 6,3%, kata bank sentral, Bank Negara Malaysia (BNM).

Penyesuaian bertahap dalam tingkat kebijakan semalam akan diperlukan untuk menghindari langkah-langkah yang lebih kuat di masa depan, kata BNM. Bank sentral Malaysia itu menambahkan bahwa setiap langkah akan dilakukan secara terukur dan bertahap.

Bank sentral menaikkan suku bunga acuan untuk pertemuan kedua berturut-turut di bulan Juli

 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru