kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertumbuhan Pekerjaan AS Kalahkan Ekspektasi Pada Januari, Tingkat Pengangguran 4%


Jumat, 04 Februari 2022 / 21:08 WIB
Pertumbuhan Pekerjaan AS Kalahkan Ekspektasi Pada Januari, Tingkat Pengangguran 4%


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Ekonomi Amerika Serikat (AS) menciptakan lebih banyak pekerjaan daripada yang diperkirakan pada Januari, bahkan ketika infeksi Covid-19 yang mengamuk mengganggu aktivitas bisnis.

Mengutip Reuters, Jumat (4/2), survei perusahaan dalam laporan ketenagakerjaan yang diawasi Departemen Tenaga Kerja pada Jumat menunjukkan nonfarm payrolls meningkat 467.000 pekerjaan bulan lalu.

Data untuk Desember direvisi lebih tinggi, menunjukkan 510.000 pekerjaan yang diciptakan, bukan 199.000 yang dilaporkan sebelumnya.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 150.000 pekerjaan ditambahkan pada Januari. Perkiraan berkisar dari penurunan 400.000 hingga peningkatan 385.000 pekerjaan.

Ketahanan pasar tenaga kerja dapat mengubah ekspektasi bahwa pertumbuhan ekonomi akan melambat secara signifikan pada kuartal pertama setelah pertumbuhan yang kuat pada kuartal keempat.

Baca Juga: The Fed Siap Kerek Suku Bunga Pada Maret, Cermati Data untuk Arah Kebijakan Lanjutan

Para ekonom telah bersiap untuk kekecewaan karena pemerintah mensurvei bisnis untuk penggajian pada pertengahan Januari, ketika infeksi Omicron memuncak.

Data dari Survei Denyut Rumah Tangga Biro Sensus, yang diterbitkan pada pertengahan Januari, menunjukkan 8,8 juta orang dilaporkan tidak bekerja karena alasan terkait virus corona antara 29 Desember dan 10 Januari. Surveinya terhadap usaha kecil juga menunjukkan peningkatan perusahaan melaporkan dampak negatif besar dari pandemi antara 10 Januari dan 16 Januari.

Pekerja yang sedang sakit atau dikarantina dan tidak dibayar selama periode survei penggajian dihitung sebagai pengangguran dalam survei meskipun mereka masih memiliki pekerjaan di perusahaan mereka. 

Pekerja per jam yang dibayar lebih rendah di industri seperti perawatan kesehatan serta rekreasi dan perhotelan, yang biasanya tidak membayar cuti sakit, menanggung beban terberat dari gelombang musim dingin.

Menurut data pemerintah terbaru, cuti sakit berbayar tersedia untuk 79% pekerja sipil pada Maret 2021.

Baca Juga: Laju Aktivitas Bisnis Amerika Serikat Januari 2022, Terlambat Dalam 18 Bulan Terakhir

Pekerjaan dapat meningkat lebih lanjut, dengan infeksi virus corona mereda. Aplikasi pertama kali untuk tunjangan pengangguran turun untuk minggu kedua berturut-turut minggu lalu, mundur lebih jauh dari level tertinggi tiga bulan yang disentuh pada pertengahan Januari, pemerintah melaporkan pada hari Kamis.

Amerika Serikat melaporkan rata-rata 354.399 infeksi Covid-19 baru setiap hari, turun tajam dari lebih dari 700.000 pada pertengahan Januari, menurut analisis data resmi Reuters.

Tingkat pengangguran berada di 4,0% pada Januari. Pemerintah memperkenalkan asumsi populasi baru, yang menyebabkan jeda dalam rangkaian. 

Tingkat pengangguran bulan Januari dan rasio lainnya dari survei rumah tangga tidak dapat dibandingkan secara langsung dengan bulan Desember.

Para ekonom dan pejabat Gedung Putih telah mendesak agar tidak terlalu banyak membaca laporan yang lemah. Federal Reserve diperkirakan akan mulai menaikkan suku bunga bulan depan, dengan para ekonom mengantisipasi sebanyak tujuh kenaikan tahun ini untuk menjinakkan inflasi.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×