kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan Infrastruktur Milik Miliarder Razon Melirik IPO di Manila


Selasa, 21 Juni 2022 / 10:28 WIB
Perusahaan Infrastruktur Milik Miliarder Razon Melirik IPO di Manila
ILUSTRASI. Prime Infrastructure Holdings Inc membidik dana IPO sekitar US$ 400 juta.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MANILA. Prime Infrastructure Holdings Inc, perusahaan infrastruktur berkelanjutan milik miliarder Enrique Razon, sedang mempertimbangkan penawaran umum perdana (IPO) di Manila yang dapat mengumpulkan dana sebanyak US$ 400 juta.

Jika benar terjadi, pencatatan oleh Prime Infrastructure akan mengerek pasar IPO di negara Asia Tenggara ini. Negara ini menjadi tuan rumah enam listing baru sejauh tahun ini mengumpulkan total US$ 352 juta. Nilai IPO di bursa saham Filipina turun dari US$ 1,3 miliar pada periode yang sama pada tahun 2021, mengutip Bloomberg, Selasa (21/6).

Sumber Bloomberg menyebut, saat ini Prime Infrastructure telah bekerja sama dengan penasihat keuangan untuk potensi penjualan saham pertama kali ini. Kemungkinan besar, rencana IPO tersebut bakal terjadi tahun ini. 

Baca Juga: Incoming Philippine Central Bank Chief Signals Series of Rate Hikes to Tame Prices

“Perundingan sedang berlangsung dan rincian penawaran seperti ukuran dan waktu masih bisa berubah,” kata sumber.

Sebagai informasi, Prime Infrastructure didirikan untuk fokus pada pembangunan aset yang mendukung prioritas keberlanjutan seperti energi bersih dan terbarukan serta akses ke air bersih dan pengelolaan limbah. Perusahaan ini berencana membangun fasilitas termasuk instalasi panel surya dengan kapasitas sebanyak 3.500 megawatt dan sistem penyimpanan energi baterai yang dapat menampung hingga 4.500 megawatt-jam.

Razon adalah orang terkaya kedua di Filipina, dengan kekayaan bersih US$ 5,1 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Dia membangun kekayaannya terutama melalui perusahaan pelayaran International Container Terminal Services Inc. Razon juga mengendalikan Bloomberry Resorts Corp yang memiliki kompleks perjudian Solaire Resort & Casino di Manila.

Baca Juga: Inflasi Filipina Bulan Mei Capai Rekor Tertinggi dalam 3 Tahun




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×