kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Philips diduga suap pemerintah Brazil terkait jual beli alat medis


Rabu, 21 Agustus 2019 / 19:46 WIB
Philips diduga suap pemerintah Brazil terkait jual beli alat medis
ILUSTRASI. PHILIPS

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - SAO PAULO- Philips dalam penyelidikan pihak berwajib karena dicurigai menyuap pemerintah Brazil untuk menjual-belikan alat-alat medis mereka.

Tuduhan tersebut melibatkan konglomerat besar asal Belanda pada awal 2010 menurut catatan pengadilan yang diajukan oleh Jaksa Federal. Hal itu berdasarkan dokumen internal perusahaan dan wawancara dengan mantan manajer anak perusahaan Philips di Brazil.

Dilansir dari Rueters Rabu (21/8), mantan karyawan itu, Jose Israel Masiero Filho yang merupakan bekas eksekutif rantai pasok dengan Dixtal Biomedica Industria e Comercio Ltda.

Dia mengatakan pada Januari 2010 lalu melihat penyimpangan dalam tiga kesepakatan penjualan Philips dan peralatan Dixtal kepada seorang calo Brazil yang tidak diketahui jelas dan telah membuat kontrak besar dengan Kementerian Kesehatan Brazil.

Baca Juga: Simak tantangan ekonomi Indonesia tahun 2020

Masiero menduga adanya penyuapan untuk mengamankan bisnis pemerintah. Tuduhan itu menjadi penyelidikan tindak korupsi menurut catatan pengadilan Brazil. Dia mengirimkan email ke internal Philips untuk melaporkan kecurigaan tersebut, dan melaporkan hal ini setidaknya kepada eksekutif senior lain selama tahun 2010.

Di antara mereka adalah Steve Rusckowski, mantan kepala eksekutif Philips Healthcare, yang merupakan divisi terbesar perusahaan. Peringatan Masiero dirinci dalam email, memo internal perusahaan dan catatan pengadilan.

"Philips harus mempertimbangkan bahwa dengan menyetujui dan menerima penjualan ini, ia akan terlibat dalam aktivitas ilegal jika ditemukan," Masiero menulis kepada Rusckowski dalam email bertanggal 14 Oktober 2010.

Baca Juga: Manulife: Aksi para pemburu yield menguntungkan Indonesia

Philisp terus menjual peralatan medisnya melalui perantara untuk memenuhi kontrak Kementerian Kesehatan. Rusckowski, yang menjabat sebagai kepala eksekutif Philips Healthcare hingga April 2012, tidak menanggapi permintaan komentar. Dia sekarang adalah CEO Quest Diagnostics yang berbasis di New Jersey.




TERBARU

Close [X]
×