kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden China Xi Jinping akan Mengunjungi Arab Saudi Pekan Depan


Kamis, 11 Agustus 2022 / 15:14 WIB
Presiden China Xi Jinping akan Mengunjungi Arab Saudi Pekan Depan
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping akan mengunjungi Arab Saudi minggu depan


Sumber: The Guardian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Presiden China Xi Jinping akan mengunjungi Arab Saudi minggu depan. Pihak Arab Saudi dikabarkan tengah mempersiapkan sambutan yang tak kalah menarik seperti yang diberikan kepada Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada perjalanan pertanay ke luar negeri sebagai presiden.

Sambutan yang disiapkan untuk pemimpin China ini sangat kontras dengan yang diberikan kepada Joe Biden pada bulan Juni, ketika presiden AS menerima sambutan biasa, yang mencerminkan hubungan yang tegang antara kedua negara dan ketidaksukaan pribadi antara Biden dan pemimpin de facto Saudi. , Muhammad bin Salman.

Xi, bagaimanapun, malah diharapkan menerima sambutan lonceng-dan-peluit (a bells-and-whistles) yang dimaksudkan untuk mengkonsolidasikan hubungan antara Beijing dan Riyadh dan memperkuat citra China sebagai sekutu Arab Saudi, karena hubungan dengan Washington terus menurun.

Baca Juga: Pentagon Tegaskan Militer AS Terus Melintas di Selat Taiwan di Tengah Ancaman China

China dan Arab Saudi telah tumbuh lebih dekat selama dua dekade, tetapi hubungan semakin dalam ketika Pangeran Mohammed mengumpulkan kekuasaan di kerajaan itu dari 2016 dan seterusnya.

Riyadh telah membela perlakuan China terhadap minoritas Muslim Uyghur dan undang-undang keamanan nasional Hong Kong yang kejam, menempatkannya bertentangan dengan AS dalam masalah-masalah hak asasi manusia utama.

Hubungan perdagangan antara kedua negara telah meningkat pada saat yang sama ketika Washington telah menjauh dari Timur Tengah.

“China adalah mitra dagang terbesar Arab Saudi. Ini adalah pembeli terbesar minyak Saudi,” kata Mohammed Alyahya, seorang rekan di Institut Timur Tengah Harvard Belfer Center dan rekan senior di Institut Hudson.

Baca Juga: Apakah China akan Menyerang Taiwan? Ini Analisis Pentagon

China sangat penting di kawasan secara geopolitik. Mereka telah mengincar pangkalan militer di Afrika dan di tempat lain. Di masa lalu kepentingannya murni merkantilis, terfokus sepenuhnya pada perdagangan. Sekarang mereka semakin melihat berbagai hal melalui lensa strategis.

“Mereka sangat tertarik untuk memastikan aliran bebas minyak. Ini sama untuk China seperti AS. Amerika mengatakan ada pengalihan bandwidth dari wilayah tersebut untuk fokus melawan China dalam "poros ke Asia".

Namun orang China tampaknya menganggap wilayah itu sebagai teater utama untuk persaingan kekuatan besar.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×