kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya infrastruktur teknologi, Singapura siap kembangkan mata uang digital


Kamis, 22 Maret 2018 / 23:22 WIB
Punya infrastruktur teknologi, Singapura siap kembangkan mata uang digital
ILUSTRASI. Cryptocurrency


Reporter: Fahriyadi | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Keberadaan Cryptocurrency atau mata uang digital semakin digandrungi kalangan muda di berbagai negara, tak terkecuali Asia Tenggara (ASEAN).

Singapura sebagai salah satu negara maju di kawasan ASEAN terus mengembangkan cryptocurrency ini agar bisa dimanfaatkan untuk berbagai kesempatan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Singapura dinilai paling siap terhadap cryptocurrency ini. Pasalnya, secara infrastruktur teknologi dan edukasi mengenal mata uang digital ini telah cukup mumpuni.

Tak heran bila di negeri Singa tersebut bermunculan penjaja cryptocurrency tersebut melalui situs online. Dorjee Sun, Chief Operating Operation Santiment.Net mengungkapkan keberadaan crytocurrency tak bisa dihindari dalam perkembangan dunia digital. "Sistemnya yang mudah membuatnya disenangi banyak pihak di dunia," ujarnya dalam diskusi isu Blockchain pada rangkaian acara Young Social Entrepreneurs, Kamis (22/3).

Menurut Dorjee setiap orang punya peluang untuk bisa mengenal dan merasakan manfaat cryptocurrency ini asalkan infrastruktur seperti internet terkelola dengan baik.

Meski begitu untuk saat ini peluang cryptocurrency di ASEAN memang hanya bisa dijalankan beberapa negara. Menurutnya, selain Singapura, cryptocurrency mulai dikenal di indonesia, Malaysia, Thailand,dan Singapura. Namun, sejauh ini Singapura dianggap yang paling serius mengembangkannya karena tersedianya semua faktor pendukung.

Karen Teoh, Chief Operating Officer and Ekoom Kommerce menambahkan cryptocurrency erat kaitannya dengan koneksi internet sebuah wilayah. Alhasil, tak ada tawar menawar lagi soal perluanya sebuah negara memperbaiki infrastruktur internetnya bila ingin terus mengembangkan mata uang digital ini.

Makanya, Karen memaklumi bila perkembangan cryptocurrency pada sebuah negara yang tengah memperbaiki infrastrukturnya berjalan lebih lambat.

Kendati begitu, Karen optimistis bahwa masa depan cryptocurrency cukup baik mengingat banyaknya kelebihan yang ditawarkan ketimbang mata uang pada umumnya.




TERBARU

[X]
×