Reporter: Dyah Megasari, Reuters |
NEW YORK. Sony Corp menerbitkan produk baru yang bisa menyajikan jutaan lagu melalui jukebox digital. Produk tersebut bisa terhubung ke perangkat elektronik seperti TV dan game sehingga bisa dinikmati secara bersama-sama.
Layanan baru yang bernama Music Unlimited Powered By Qriocity diluncurkan di Amerika Serikat Kamis (17/2). Qriocity menyediakan 6 juta lagu melalui jaringan berbasis cloud yang digunakan oleh 60 juta Sony PlayStation gamer. Biasanya konsumen menggunakan layanan ini untuk melihat video atau bermain game online.
Qriocity bersaing dengan iTunes Apple Inc's Music Store. Bedanya, tak seperti iTunes, Qriocity menawarkan musik berlangganan bulanan dengan layanan streaming pada setiap lagu yang di-download.
Qriocity merangkul label besar seperti Sony Music Entertainment, Universal Music, Warner Music Group dan EMI Group. Produk ini dipasarkan di Inggris, juga tersedia di Jepang, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Kanada.
Layanan ini menyediakan fasilitas lagu streaming unlimited dengan biaya langganan bulanan. Dengan membayar US$ 3,99 sebulan, pelanggan Qriocity mendapatkan layanan radio. Konsumen bisa memilih genre musik atau artis.
Sedangkan jika membayar US$ 9,99 per bulan, pengguna dapat memilih lagu yang ingin mereka dengarkan. Layanan ini meramaikan pasar musik digital seperti Rhapsody, Rdio dan Mog.
Fokus Qriocity menyasar konsumen keluarga. Sony berharap, produk baru ini bisa mengungguli kesuksesan Sony Walkman portabel yang terjual ratusan juta di seluruh dunia.
Presiden Sony, Tim Schaaf mengatakan prioritas berikutnya, Sony akan menawarkan mobile Qriocity termasuk telepon yang menggunakan sistem operasi Google Android Inc dan perangkat portabel lainnya.