kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,88   -1,43   -0.17%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Rayakan HUT RI ke-75, gedung balai kota San Francisco dihiasi lampu merah putih


Kamis, 20 Agustus 2020 / 13:57 WIB
Rayakan HUT RI ke-75, gedung balai kota San Francisco dihiasi lampu merah putih
ILUSTRASI. LED Light Show di Gedung Balai Kota San Francisco dalam rangka memperingati HUT RI ke-75.

Sumber: KJRI San Francisco | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - SAN FRANCISCO. HUT RI ke-75 tahun ini tidak hanya dirayakan di Indonesia saja, tapi juga di kantor perwakilan negara yang tersebar di seluruh dunia. Salah satunya di San Francisco, Amerika Serikat (AS) yang berlangsung istimewa.

Perayaan hari kemerdekaan RI tahun ini terasa berbeda di San Francisco, AS. Selain pengibaran Sang Merah Putih di Gedung Balai Kota San Francisco, untuk pertama kalinya Pemerintah Kota San Francisco menyelenggarakan atrasi light show merah putih di gedung Balai Kota San Francisco pada 17 Agustus dimulai pukul 08.02 malam waktu setempat. 

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, upacara pengibaran Sang Merah Putih diselenggarakan tanpa dihadiri tamu undangan. “Wali kota San Francisco sangat mendukung Indonesia dan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap Indonesia. Hal ini tidak hanya menunjukan hubungan yang semakin dekat antara Indonesia dan Amerika Serikat, termasuk negara bagian California, dalam hal ini Kota San Francisco, namun juga menandakan peningkatan hubungan antara masyarakat kedua negara," ungkap Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I Soekarno dalam keterangan tertulis.

Kegiatan LED Light Show ini berlangsung hingga tengah malam di gedung Balai Kota San Francisco dengan ketinggian 308 kaki dan luas lebih dari 46,000 meter persegi.

Baca Juga: Kim Jong Un, Raja Salman, Sultan Bolkiah dll kirim ucapan HUT RI Ke-75, ini katanya

KJRI San Francisco melaporkan beberapa warga setempat dan diasporan Indonesia turut datang untuk mengabadikan momen LED Light Show yang baru pertama kali diadakan tersebut. Masyarakat Indonesia yang hadir mengenakan atribut Indonesia, membawa bendera Indonesia, memakai baju merah putih, dan sebagainya.

Untuk melengkapi suasana kemerdekaan, para diaspora dengan spontan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya di Gedung Balai Kota San Francisco.

Diaspora Indonesia di depan Gedung Balai Kota San Francisco

Baca Juga: Kim Jong Un ucapkan Selamat HUT RI ke-75, begini katanya

“Saya sangat bangga dan terharu sekali karena selama 40 tahun saya tinggal di AS, baru pertama kali ini saya melihat lampu merah putih bendera Indonesia dihidupkan saat HUT RI. LED Light show ini mencerminkan pemerintah setempat sangat menghargai keberadaan masyarakat Indonesia di San Francisco Bay Area,” ungkap Yuli, salah satu WNI yang tinggal di San Francisco.

AS dan Indonesia memang memiliki hubungan diplomatik yang cukup erat. Berbagai kerja sama telah terjalin di banyak sektor, mulai dari perdagangan hingga militer.

Pada perayaan HUT RI ke-75 tahun ini, Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo, turut mengirimkan pesan dan ucapan selamat dengan mengedepankan hubungan baik kedua negara. 

“HUT ke-75 ini merupakan momen yang sangat penting untuk merefleksikan persahabatan panjang kedua bangsa. Kemitraan strategis yang telah dibangun Amerika Serikat dan Indonesia tetap menjadi lebih penting dari sebelumnya, bahkan ketika kedua negara menghadapi tantangan pandemi global yang tidak pernah terjadi sebelumnya.” ungkap Pompeo dalam keterangan tertulisnya yang disiarkan oleh Kedubes AS di Jakarta (16/8).




TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×