kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resesi Ekonomi Amerika Palsu? Ini Penjelasan Ekonom Wall Street


Rabu, 20 Juli 2022 / 05:42 WIB
Resesi Ekonomi Amerika Palsu? Ini Penjelasan Ekonom Wall Street
ILUSTRASI. Ekonom Wall Street mengatakan, meski ekonomi Amerika menghadapi beberapa hambatan, resesi tidak akan terjadi atau resesi palsu. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Resesi ekonomi Amerika saat ini menjadi isu hangat yang kerap diperbincangkan. Dari hari ke hari, bankir, pemimpin perusahaan, dan konsumen membunyikan alarm tentang resesi yang Kn terjadi.

Namun, Aneta Markowska, kepala ekonom di Jefferies, berpendapat dalam sebuah laporan penelitian baru bahwa meski ekonomi Amerika menghadapi beberapa hambatan, resesi tidak akan terjadi. Dari pendapat inilah muncul istilah resesi ekonomi palsu.

“Rumah tangga dan bisnis masih memiliki banyak uang tunai, yang membuat harga dan tingkat permintaan mereka tidak elastis dalam jangka pendek,” katanya seperti yang dilansir Fortune. 

Dia menambahkan, "Jadi sementara The Fed mampu mendinginkan permintaan perumahan dengan sangat cepat, mengurangi konsumsi dan permintaan tenaga kerja akan membutuhkan lebih banyak waktu."

Dia juga menunjuk tingkat pengangguran sebagai indikator bahwa resesi tidak akan menguasai ekonomi AS, mencatat bahwa masih ada jutaan lowongan pekerjaan dan tekanan margin belum cukup kuat untuk menginduksi siklus PHK besar-besaran.

Menggandakan kekuatan pasar tenaga kerja Amerika, Markowska mengatakan dia memperkirakan tingkat pengangguran nasional akan terus menurun, terendah di sekitar 3,2%.

Baca Juga: Intip Strategi Investasi di Tengah Bayangan Inflasi AS dan Kenaikan Suku Bunga Global

Pada bulan Juni, tingkat pengangguran AS tetap stabil di 3,6%. Resesi Hebat, yang berlangsung dari akhir 2007 hingga 2009, melihat puncak pengangguran di lebih dari 10%.

Resesi secara luas dianggap terjadi ketika suatu negara mengalami pertumbuhan negatif produk domestik bruto (PDB) dalam dua kuartal berturut-turut.

Namun, Biro Riset Ekonomi Nasional, yang mendefinisikan resesi sebagai penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi yang tersebar di seluruh perekonomian dan berlangsung lebih dari beberapa bulan, menganggap beberapa bidang kegiatan ekonomi sebagai penanda potensi resesi, termasuk pendapatan pribadi riil, pekerjaan nonfarm payroll, dan produksi industri.

Dengan pendapatan rumah tangga dan tingkat pekerjaan masih tampak dalam kondisi yang baik, Markowska mengatakan resesi 2022 merupakan resesi palsu.

"Dengan kata lain, resesi saat ini hanya ada dalam imajinasi, bukan di dunia nyata," katanya.

Baca Juga: Makin Banyak Tantangan, IMF Bakal Pangkas Prospek Pertumbuhan Global Secara Substansi

Peringatan resesi

Namun, banyak juga ekonom dan pengamat pasar yang sangat prihatin tentang inflasi Amerika yang mencapai level tertinggi dalam beberapa dekade.

Awal bulan ini, Andrew Hunter, seorang ekonom senior di firma riset ekonomi makro independen Capital Economics, menulis dalam sebuah laporan penelitian bahwa kekuatan laporan penggajian non-pertanian Juni “tampaknya membuat ejekan terhadap klaim yang sedang dihadapi ekonomi, apalagi sudah masuk, resesi.”

Sementara itu, seorang ekonom top Harvard mengatakan minggu ini bahwa dia melihat peluang resesi kurang dari 50%.

Yang lain—termasuk CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon, investor miliarder Carl Icahn, dan kepala Bank Dunia—tidak setuju, setelah membunyikan alarm bahwa resesi sudah di depan mata.

Pada bulan Mei, orang terkaya di dunia Elon Musk mengatakan AS "mungkin" sudah dalam resesi yang bisa berlangsung hingga 18 bulan.

Pada akhir Juni, pembacaan dari Conference Board menunjukkan bahwa ekspektasi konsumen untuk ekonomi AS telah jatuh ke level terendah sembilan tahun.

Penurunan yang tak terhindarkan

Meski Markowska dari Jefferies tidak meyakini bahwa resesi sudah berlangsung atau sudah dekat, dia mengakui bahwa penurunan ekonomi di AS tidak dapat dihindari.

Dia memprediksi, PDB AS untuk tahun 2022 dan 2023 masing-masing sebesar 2,2% dan 0%, dan telah memperkirakan resesi akan dimulai pada paruh kedua tahun depan dan berlangsung selama lima kuartal.

Menurut Markowska, risiko ekonomi "masih condong ke tingkat yang lebih tinggi," dan Federal Reserve kemungkinan akan "membebani siklus pengetatan ini," membawa suku bunga acuan dana setinggi 4,25% pada Maret 2023.

Markowska memperkirakan tingkat suku bunga pada level ini dapat mempercepat momentum penurunan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Pasar Keuangan Masih Fluktuatif, Investor Disarankan Wait and See

Bulan lalu, The Fed melakukan kenaikan suku bunga terbesar sejak 1994, dan pembuat kebijakan bank sentral memperkirakan suku bunga inti mereka berada dalam kisaran 3,25% dan 3,5% pada akhir tahun.

Tanda-tanda resesi Amerika

Sebelumnya diberitakan, Ekonom Bank of America Corp memperkirakan Amerika akan jatuh ke dalam resesi ringan tahun ini.

Bank of Amerika mengatakan, ada sejumlah tanda-tanda yang menunjukkan resesi Amerika. Pertama, pengeluaran jasa melambat. Kedua, inflasi yang memanas memacu konsumen untuk mundur.

"Sejumlah kekuatan secara bertepatan telah memperlambat momentum ekonomi lebih cepat dari yang kami prediksi sebelumnya," jelas analis Bank of America yang dipimpin oleh Michael Gapen dalam sebuah laporan tentang prediksi resesi Amerika yang dirilis Rabu (13/7/2022). 

Kekuatan tersebut termasuk inflasi harga makanan dan energi yang membuat rumah tangga kurang leluasa untuk melakukan pembelian dan kondisi keuangan yang lebih ketat dengan tingkat hipotek yang lebih tinggi sehingga mengurangi keterjangkauan konsumen.

Melansir Bloomberg, para ekonom memperkirakan produk domestik bruto AS kuartal keempat bakal turun 1,4% dari tahun sebelumnya, diikuti oleh kenaikan 1% pada tahun 2023. 

Kondisi tersebut akan mendongkrak tingkat pengangguran sebesar 1 poin persentase menjadi sekitar 4,6%. Sebuah laporan Departemen Tenaga Kerja AS yang dirilis Rabu menunjukkan indeks harga konsumen naik 9,1% dari tahun sebelumnya dalam kenaikan berbasis luas. Ini merupakan kenaikan terbesar sejak akhir 1981.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×