kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Robert Kiyosaki Bilang Dunia Dipenuhi Uang Palsu, Apa Maksudnya?


Rabu, 01 Maret 2023 / 09:15 WIB
Robert Kiyosaki Bilang Dunia Dipenuhi Uang Palsu, Apa Maksudnya?
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki mengatakan, pelajaran pertama dalam Rich Dad Poor Dad adalah orang kaya tidak bekerja untuk uang palsu.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Banyak pelajaran menarik yang diberikan oleh Robert Kiyosaki tentang investasi dan keuangan. Salah satunya yakni cara membedakan uang palsu dengan uang asli. 

Dalam blog resminya Richdad.com, Kiyosaki mengatakan, pelajaran pertama dalam “Rich Dad Poor Dad” adalah orang kaya tidak bekerja untuk uang palsu.

"Ketika saya menulis buku saya, 'Fake: How Lies are Making the Poor and the Middle Class Poorer', saya memodifikasinya menjadi, 'The rich do not work for fake money'," jelasnya.

Untuk memahami modifikasi itu, Anda harus mengetahui dulu sejarah singkat tentang uang dunia.

Dunia akan segera berubah

Kiyosaki bercerita, sebagai seorang pemuda yang dalam perjalanan tugas kedua di Perang Vietnam pada tahun 1972, dia mendapat sepucuk surat dari Rich Dad (ayah dari sahabatnya) yang berbunyi: 'Presiden Nixon mengambil dolar dari standar emas. Awas, dunia akan segera berubah.'

"Saya tidak terlalu tahu apa maksud Rich Dad saat itu, tetapi saya tertarik. Saya membaca The Wall Street Journal untuk mencari jawaban. Salah satu artikel yang menarik perhatian saya adalah tentang emas. Harga berfluktuasi dari US$ 35 per ons menjadi US$ 40 hingga US$ 60 per ons," ceritanya.

Baca Juga: Robert Kiyosaki: Gagal Lebih Banyak Berarti Berusaha Lebih Keras

Melihat hal itu, Kiyosaki dan seorang rekan pilot bernama Ted, terbang dari kapal induk melintasi laut sejauh 25 mil ke wilayah musuh. Mereka berharap menemukan dealer emas dan mendapatkan kesepakatan yang bagus.

"Kami mencoba bernegosiasi dengan seorang wanita tua di sebuah desa kecil, tawaran pembukaan kami adalah US$ 40 per ons. Sedikit yang kami tahu, harga emas spot adalah US$ 55. Wanita mungil yang kami ajak tawar-menawar hanya menyeringai dan mungkin berpikir, kami berdua idiot. 'Apakah Anda tidak tahu bahwa harga spot emas adalah sama di seluruh dunia?'," kenangnya. 

Kiyosaki bersukur bisa keluar dari sana tanpa terdeteksi oleh musuh. Akan tetapi, mereka berdua jelas tidak mendapatkan kesepakatan untuk mendapatkan emas. 

"Tapi yang terpenting, kami mendapat pelajaran tentang uang asli," jelasnya.

Baca Juga: Peringatan Warren Buffett: Masa Ekonomi Sulit Bakal Datang dalam Waktu Dekat




TERBARU

[X]
×