kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,02   -4,93   -0.52%
  • EMAS937.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.11%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Rombak manajemen, Alibaba tunjuk Toby Xu menjadi direktur keuangan baru


Senin, 06 Desember 2021 / 09:43 WIB
Rombak manajemen, Alibaba tunjuk Toby Xu menjadi direktur keuangan baru
ILUSTRASI. Alibaba Group rombak jajaran manajemen

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Alibaba Group Holding Ltd. melakukan perombakan manajemen yang menjadi paling menonjol sejak perusahaan tersebut selamat dari penyelidikan antimonopoli yang dilakukan pemerintah China.

Dalam perubahan ini, Alibaba Group mengangkat Toby Xu sebagai direktur keuangan. Sebelumnya, posisi ini diisi oleh Maggie Wu.

Xu akan resmi menjadi Direktur Keuangan Alibaba pada 1 April mendatang. Dia bergabung dengan Alibaba dari PWC, tiga tahun lalu dan diangkat sebagai wakil kepala keuangan pada Juli 2019.

“Wu, yang membantu memimpin tiga perusahaan terkait Alibaba sebagai direktur keuangan, akan terus menjabat sebagai direktur eksekutif di dewan Alibaba,” ujar perusahaan seperti dikutip dari Reuters, Senin (6/12).

Baca Juga: Alibaba cs kena denda lagi dari regulator, kali ini soal monopoli

Wu dikenal memiliki pengalaman bekerja di perusahaan belanja online China selama hampir 15 tahun. Dia juga berperan penting dalam listing Alibaba di pasar saham New York dan Hong Kong. Karirnya  sangat terlihat, mengingat Wu adalah salah satu eksekutif wanita paling menonjol di ranah internet China.

Perusahaan yang berbasis di Hangzhou ini melakukan perombakan manajemen bertepatan dengan banyak tantangan sedang dihadapi. Setelah membayar rekor denda antimonopoli awal tahun ini, Alibaba juga mendapat pengawasan peraturan yang lebih ketat sambil menangkis persaingan yang memaksanya untuk memangkas prospek pendapatannya bulan lalu.

"Kami fokus pada jangka panjang, dan suksesi dalam tim manajemen kami di setiap kesempatan selalu dalam rangka memastikan Alibaba akan lebih kuat dan posisi yang lebih baik untuk masa depan," kata CEO Alibaba Daniel Zhang.

Selanjutnya: Kuartal IV-2021, Rukun Raharja (RAJA) berencana belanjakan capex US$ 20 juta




TERBARU

[X]
×