kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS951.000 -0,21%
  • RD.SAHAM 1.12%
  • RD.CAMPURAN 0.52%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Saham Big Hit Entertainment masih terjungkal, ini peringatan analis


Selasa, 20 Oktober 2020 / 05:48 WIB
Saham Big Hit Entertainment masih terjungkal, ini peringatan analis
ILUSTRASI. Sejak debut perdananya, saham Big Hit Entertainment terus mengalami penurunan yang berkepanjangan pada hari ketiga. REUTERS/Kim Hong-Ji


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Sejak debut perdananya, saham Big Hit Entertainment terus mengalami penurunan yang berkepanjangan pada hari ketiga. Penurunan dipicu oleh aksi jual sejumlah investor institusional.

Mengutip Yonhap, saham Big Hit merosot 5,74% sehingga ditutup di posisi 189.000 won (US$ 165), jauh di bawah kinerja indeks benchmark KOSPI yang naik 0,22%. Saham Big Hit bahkan sempat merosot ke level 187.000 won pada satu titik.

Perusahaan hiburan itu melakukan debut pasar yang penuh volatilitas pada hari Kamis, ketika harga sahamnya Big Hit melonjak menjadi 351.000 won, naik tajam dari harga penawaran umum perdana 135.000 won. Namun, harga saham akhirnya ditutup turun 4,44%.

Pada hari kedua perdagangan, saham Big Hit Entertainment anjlok 22,29%.

IPO Big Hit Entertainment

Baca Juga: Harga saham terjun bebas, investor Big Hit Entertainment cemas

Analis di Korea Selatan mencatat bahwa harga IPO perusahaan mungkin terlalu mahal mengingat nilai BTS tidak bisa persis disamakan dengan harga saham agensi dan status BTS di Big Hit.

"Kelebihan Big Hit adalah kontraknya dengan BTS, artis top global. Dan kelemahannya adalah hampir seluruh pendapatannya tergantung pada pendapatan BTS," kata analis Meritz Securities, Lee Hyo-jin kepada Yonhap.

Para ahli memperingatkan bahwa saham Big Hit mungkin menghadapi volatilitas yang lebih besar pada minggu-minggu mendatang, karena investor institusi, yang memegang 35,68% di Big Hit, akan diizinkan untuk menjual sebagian dari saham mereka dalam sebulan.

IPO Big Hit Entertainment

Baca Juga: Investor institusi bakal profit taking, saham agensi BTS diprediksi bergerak volatil

Menurut data yang dikumpulkan oleh Financial Supervisory Service (FSS), sekitar 1.527.000 saham yang dimiliki oleh investor institusi akan diperdagangkan dalam satu bulan karena periode lock-in semakin dekat, dengan sekitar 13.000 saham kemungkinan akan dijual dalam dua minggu.

Analis lokal mengatakan, aksi jual tersebut dapat menyebabkan kerugian besar bagi investor ritel, yang membeli saham Big Hit senilai 415 miliar won selama tiga hari pertama setelah debut pasar.

Baca Juga: Unik! Fans BTS buktikan rasa cintanya dengan membeli saham Big Hit

Sementara investor institusional, di sisi lain, mencatatkan penjualan bersih senilai 21,2 miliar won dari saham Big Hit, di mana investor asing melakukan penjualan bersih senilai 87,1 miliar untuk aksi ambil untung.

Data broker menunjukkan, kerugian melonjak hingga 46,15% bagi mereka yang membeli saham Big Hit Entertainment dengan harga tertinggi 351.000 won pada hari pertama.

 

Selanjutnya: Saham agensi BTS, Big Hit Entertainment diprediksi bergerak volatil, ini penyebabnya

 




TERBARU
Corporate Valuation Model Managing Procurement Economies of Scale Batch 5

[X]
×