kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saingan Tesla, Rivian akan bidik IPO dengan valuasi US$ 50 miliar


Rabu, 10 Februari 2021 / 15:22 WIB
Saingan Tesla, Rivian akan bidik IPO dengan valuasi US$ 50 miliar
ILUSTRASI. Rivian memperkenalkan mobil pickup R1T yang sepenuhnya ditenagai listrik pada gelaran Los Angeles Auto Show di Los Angeles, California, AS, 27 November 2018.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Startup kendaraan listrik Rivian, yang didukung oleh Amazon.com Inc. Dan Ford Motor Co. akan segera melakukan go public dengan valuasi sekitar US$ 50 miliar dan mungkin lebih.

Menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan, penawaran umum perdana dan nilai potensialnya mungkin berubah, dan realisasi ini dapat terjadi pada akhir tahun atau bahkan mundur ke 2022.

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (10/2), Rivian telah berbicara kepada para bankir tentang rencananya, tetapi linimasa perusahaan untuk penawaran umum perdana belum final dan realisasi ini dapat terjadi pada akhir tahun atau tahun depan. Perusahaan pun menolak untuk berkomentar.

Rivian, salah satu pesaing potensial Tesla Inc., telah mengumpulkan lebih dari US$ 8 miliar hingga saat ini dari investor yang mengharapkan pickup baterai-listrik dan SUV untuk berkinerja baik di pasar AS.

Baca Juga: Rivian, perusahaan mobil listrik pesaing Tesla berencana IPO tahun ini

Pada valuasi US$ 50 miliar, itu kemungkinan akan menjadi salah satu IPO terbesar tahun ini dan salah satu daftar EV yang paling penting sejak penawaran Tesla 2010.

Perusahaan rintisan itu dihargai sebesar US$ 27,6 miliar dalam pendanaan pada bulan Januari lalu, Rivian mengumpulkan US$ 2,65 miliar dari sekelompok investor yang dipimpin oleh T. Rowe Price Group Inc. juga Claire McDonough, mantan eksekutif JPMorgan Chase & Co. menjadi kepala keuangan Rivian.

Rivian memiliki lebih dari 3.600 karyawan yang terbagi di seluruh kantor di Michigan dan California dan fasilitas produksinya di Illinois.

Rivian juga memiliki kesepakatan dengan Amazon untuk membangun 100.000 van listrik untuk pengiriman pada tahun 2030. Rivian akan membangun tiga model van yang berbeda, yang mampu melaju sekitar 150 mil dengan sekali pengisian daya.

Kendaraan Amazon pertama mulai diproduksi di pabrik Rivian di Normal, Illinois pada akhir 2021, dengan semua pengiriman akan selesai pada tahun 2024.

Produksi dan pengiriman ke AS dari konsumen debutnya EV, pickup R1T, akan dimulai pada bulan Juni. Perusahaan kemudian akan mulai mengirimkan SUV R1S pada bulan Agustus. Perusahaan telah membangun kembali bekas pabrik Mitsubishi Motors di Normal, Illinois, di mana ia juga berencana untuk membangun van pengiriman EV untuk Amazon.

Selanjutnya: Bisnis Amazon.com bisa melaju kencang bila jadi membeli startup Zoox Inc




TERBARU

[X]
×