kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samsung dominasi pasar smartphone lipat 2020


Selasa, 09 Maret 2021 / 14:08 WIB
Samsung dominasi pasar smartphone lipat 2020
ILUSTRASI. Samsung, Galaxy Z Flip dominasi penjualan smartphone lipat di 2020


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Samsung Electronics Co, vendor smartphone terbesar di dunia, mendominasi pasar ponsel pintar lipat global di tahun lalu. Berdasarkan laporan Display Supply Chain Consultants (DSCC), status ini diperkirakan berlanjut hingga tahun 2021.  

Selasa (9/3), dalam laporan terbarunya DSCC menyebut, Samsung menguasai 87% pasar ponsel pintar lipat global yang diperkirakan mencapai 2,2 juta unit di tahun 2020. 

"Z Flip adalah model nomer 1 dengan pangsa hampir 50% diikuti oleh Z Fold2," kata DSCC. 

"Korea Selatan menjadi wilayah terdepan untuk pengiriman smartphone lipat pada tahun 2020 karena keberhasilan Z Flip dan Z Flip 5G di wilayah tersebut. Selain itu, Korea menyumbang lebih dari 50% pangsa permintaan untuk model Samsung clamshell pada tahun 2020."

Untuk tahun ini, DSCC memperkirakan Samsung akan melanjutkan dominasinya di sektor smartphone lipat, dengan pangsa 81% dalam unit dan pangsa pendapatan hingga 76%. 

Diperkirakan pasar global untuk smartphone lipat akan menajak mencapai 5,1 juta unit pada tahun 2021, naik 128% dari tahun sebelumnya, dengan pendapatan melejit 137% secara tahunan menjadi US$ 8,6 miliar.

Secara khusus, pasar smartphone lipat global diperkirakan akan tumbuh secara signifikan mulai paruh kedua tahun ini. Menurut DSCC, hal ini terjadi karena Samsung menunda peluncuran smartphone lipatnya hingga kuartal ketiga tahun ini.

Baca Juga: Ini yang membuat pasar ponsel pintar segmen premium di Indonesia kian ketat

"Setidaknya ada tiga model yang diharapkan, dan Samsung memposisikan jajaran produk lipat Z Fold mereka sebagai seri andalan kedua mereka, menggantikan seri Note," kata DSCC. 

"Selain itu, mereka diharapkan memperkenalkan versi clamshell lipat mereka yang harganya lebih agresif."

DSCC menambahkan, kemungkinan akan ada pertumbuhan besar dalam perangkat lipat jenis buku, seperti Samsung Z Fold 2, karena mereka diperkirakan menyumbang 49% dari pendapatan smartphone yang dapat dilipat tahun ini, naik dari 39% pada tahun 2020, karena lebih banyak merek smartphone yang memilih bentuk seperti itu.

"Faktanya, kami berharap untuk melihat setidaknya 12 smartphone yang dapat dilipat dan ditekuk di pasar dari setidaknya delapan merek dan pengiriman lebih dari tiga juta unit pada kuartal keempat tahun 2021," kata DSCC.

Sementara itu, untuk tampilan smartphone yang dapat dilipat, DSCC mengatakan Samsung Display Co, afiliasi dari Samsung Electronics, akan terus mendominasi sektor tersebut dengan pangsa pasar 87% pada 2021, naik dari 83,5% di tahun lalu. 

"Samsung Display akan mulai menjual layar lipat dengan Ultra-thin Glass (UTG) ke merek lain mulai paruh kedua 2021, yang mengarah ke sejumlah produk baru," tegas DSCC.

Selanjutnya: Samsung kuasai pangsa pasar tablet di Eropa, Timur Tengah dan Afrika di kuartal IV




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×