Setelah Tunda Asian Games, China Mundur dari Tuan Rumah Piala Asia karena Covid-19

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:33 WIB Sumber: Reuters
Setelah Tunda Asian Games, China Mundur dari Tuan Rumah Piala Asia karena Covid-19

ILUSTRASI. China telah melepaskan haknya untuk menjadi tuan rumah putaran final sepakbola Piala Asia 2023 karena situasi Covid-19 di negara itu.


KONTAN.CO.ID - HONG KONG. China telah melepaskan haknya untuk menjadi tuan rumah putaran final sepakbola Piala Asia 2023 karena situasi Covid-19 di negara itu. Demikian Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan keputusan China itu pada Sabtu (14/5).

Turnamen sepakbola Asia yang dimainkan setiap empat tahun dan menampilkan 24 tim nasional dari seluruh Asia, akan diadakan di 10 kota dari 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan.

"Menyusul diskusi ekstensif dengan Asosiasi Sepak Bola China (CFA), Konfederasi Sepak Bola Asia telah secara resmi diberitahu oleh CFA bahwa mereka tidak akan dapat menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2023," kata konfederasi dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters.

AFC mengakui keadaan luar biasa yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, yang menyebabkan pelepasan hak tuan rumah oleh China.

Baca Juga: Pelaksanaan Asian Games 2022 di Hangzhou, China Resmi Ditunda

AFC mengatakan keputusan tentang tuan rumah turnamen akan diumumkan pada waktunya.

Piala Asia adalah acara olahraga internasional terbaru yang terpengaruh oleh upaya China untuk mengatasi pandemi.

Awal bulan ini, Dewan Olimpiade Asia, menunda Asian Games yang akan diadakan di kota Hangzhou, China.

China terus menerapkan kebijakan nol-Covid dan kota-kota di seluruh negeri ini menghadapi pembatasan ketat sebagai akibat dari wabah varian Omicron baru-baru ini.

Shanghai telah dikunci selama lebih dari sebulan. Sementara kota-kota lain, termasuk ibu kota Beijing, menghadapi gelombang pembatasan tambahan, pengujian yang sering, dan penguncian.

Sebagian besar acara olahraga internasional di China telah ditunda atau dibatalkan sejak awal pandemi, dengan pengecualian Olimpiade Musim Dingin, yang berlangsung di Beijing di bawah kontrol kesehatan yang ketat pada Februari lalu.

Grand Prix Formula 1 China tidak diadakan sejak 2019. Turnamen tenis WTA telah ditangguhkan karena kebuntuan terkait masalah keselamatan pemain China Peng Shuai.

China dijadwalkan menjadi tuan rumah empat turnamen tenis ATP tahun ini, termasuk Shanghai Masters dan China Open pada Oktober.

Sementara, Liga Super China belum mengumumkan kapan musim sepakbola baru akan dimulai.

Baca Juga: Malaysia Terpilih Menjadi Tuan Rumah SEA Games ke-34 Tahun 2027

 

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru