kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Shinzo Abe Wafat Karena Tertembak, Partai Penguasa di Jepang Bersiap untuk Pemilihan


Minggu, 10 Juli 2022 / 08:00 WIB
Shinzo Abe Wafat Karena Tertembak, Partai Penguasa di Jepang Bersiap untuk Pemilihan


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Para pemilih Jepang pergi ke tempat pemungutan suara pada Minggu (10/7) untuk pemilihan majelis tinggi di mana Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa dapat menerima gelombang dukungan setelah pembunuhan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Mengutip Reuters, Minggu (10/7), Shinzo Abe, pemimpin modern terlama di Jepang, meninggal setelah ditembak pada Jumat (8/7) saat berpidato untuk mendukung seorang kandidat lokal di kota barat Nara. 

Pemilihan untuk kursi di majelis tinggi parlemen yang kurang kuat biasanya dilihat sebagai referendum pada pemerintahan yang sedang menjabat, dan jajak pendapat terbaru telah menunjukkan pertunjukan yang kuat untuk blok penguasa yang dipimpin oleh Perdana Menteri Fumio Kishida - anak didik Abe.

Saat negara berkabung, baik LDP dan mitra koalisi juniornya Komeito dapat memperoleh dari gelombang suara simpati yang potensial, kata para analis politik.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Sesali Kematian Mantan PM Jepang Shinzo Abe

"Koalisi LDP-Komeito yang berkuasa sudah berada di jalur menuju kemenangan yang solid," kata James Brady dari konsultan Teneo dalam sebuah catatan. 

"Gelombang suara simpati sekarang bisa meningkatkan margin kemenangan."

Kampanye dihentikan pada hari Jumat setelah pembunuhan Abe, tetapi politisi melanjutkan kegiatan pra-pemilihan pada hari Sabtu.

Ada peningkatan kehadiran polisi ketika Kishida muncul di sebuah acara kampanye di kota barat daya Tokyo dan pemindai pendeteksi logam dipasang di tempat tersebut - tindakan keamanan yang tidak biasa di Jepang.

Tempat pemungutan suara dibuka pada pukul 7 pagi (2200 GMT pada hari Sabtu) dan ditutup pada pukul 8 malam. (1100 GMT). Media mengatakan 15,3% pemilih telah memberikan suara absen terlebih dahulu.

Sebuah penampilan yang kuat di jajak pendapat dapat membantu Kishida mengkonsolidasikan kekuasaannya, memberikan mantan bankir dari Hiroshima kesempatan untuk melaksanakan tujuannya meningkatkan pengeluaran pertahanan.

Itu mungkin juga memungkinkan dia untuk merevisi konstitusi pasifis Jepang - sesuatu yang bahkan Abe yang hawkish tidak pernah bisa capai.

"Dalam beberapa bulan ke depan, pemerintah dipastikan akan berupaya memperkuat keamanan dalam negeri," kata Brady.

Baca Juga: Warga Jepang Masih Berduka Atas Pembunuhan Shinzo Abe

"Dengan merusak rasa aman dan ketertiban umum, acara tersebut juga dapat menambah momentum lebih lanjut untuk penyebab utama Abe seperti pembangunan pertahanan dan revisi konstitusi," tambahnya.

Kekosongan Kekuatan Partai

Jajak pendapat pekan lalu menunjukkan LDP memenangkan setidaknya 60 dari 125 kursi yang diperebutkan pada hari Minggu, dibandingkan dengan 55 yang sekarang dipegang, memungkinkannya untuk mempertahankan mayoritas di kamar yang dipegangnya dengan Komeito.

Mencapai 69 kursi di majelis tinggi akan memberi LDP mayoritas, ambang batas yang telah dilihat sebagai batas sebelum pembunuhan Abe.

Kishida, yang pernah berada di sisi LDP yang lebih dovish, telah bergeser ke kanan dan mengatakan bagian-bagian dari konstitusi mungkin memiliki unsur-unsur yang "sudah ketinggalan zaman dan kurang".

Jajak pendapat menunjukkan mayoritas pemilih mendukung kekuatan militer yang lebih besar.

Tetapi bahkan kinerja LDP yang kuat akan dibayangi oleh pembunuhan Abe, yang sebagai pemimpin faksi terbesarnya masih memiliki kekuatan yang cukup besar atas keputusan kebijakan dan personel.

Kematiannya meningkatkan momok kekosongan kekuasaan dan potensi gejolak di dalam partai, kata para analis.

Partai Inovasi Jepang yang kecil dan populis, yang memperoleh kursi dalam pemilihan umum tahun lalu, dapat menyedot suara dari LDP. 

Tetapi karena partai juga mendukung revisi konstitusi, kemajuan apa pun yang dibuatnya kemungkinan besar akan mendukung tujuan reformasi LDP.  




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×