kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,74   -1,27   -0.14%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warga Jepang Masih Berduka Atas Pembunuhan Shinzo Abe


Sabtu, 09 Juli 2022 / 10:23 WIB
Warga Jepang Masih Berduka Atas Pembunuhan Shinzo Abe
ILUSTRASI. Shinzo Abe saat berkampanye di kota Nara


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NARA. Aliran pelayat terus-menerus datang mengunjungi lokasi pembunuhan berdarah mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di kota barat Nara, pada hari ini (9/7).

Abe yang merupakan, pemimpin modern terlama di Jepang, ditembak mati saat melakukan pidato kampanye pada Jumat (8/7) pagi oleh seorang pria berusia 41 tahun.

"Saya hanya terkejut bahwa hal semacam ini terjadi di Nara," kata Natsumi Niwa, seorang ibu rumah tangga berusia 50 tahun, setelah menaruh bunga dengan putranya yang berusia 10 tahun di dekat lokasi pembunuhan di stasiun kereta yang berada di pusat kota Nara.

Abe, seorang konservatif dan arsitek dari kebijakan "Abenomics" yang bertujuan untuk memperbaiki ekonomi Jepang, mengilhami nama putranya, Masakuni, dengan seruannya tentang Jepang sebagai "negara yang indah", kata Niwa. "Kuni" berarti bangsa dalam bahasa Jepang.

Pemerintah Jepang memutuskan untuk tetap melajutkan kampanye pada hari terakhir, sebelum pemungutan suara untuk majelis tinggi parlemen dilakukan pada hari Minggu (10/7).

Pemilu kali ini diprediksi bakal kembali dimenangkan oleh koalisi yang berkuasa yang dipimpin oleh Perdana Menteri Fumio Kishida, anak didik Abe.

“Gelombang suara simpati sekarang dapat meningkatkan margin kemenangan,” James Brady, wakil presiden di perusahaan penasihat Teneo, dalam sebuah catatan.

Partai Demokrat Liberal, di mana Abe mempertahankan pengaruh yang cukup besar, diperkirakan akan mendapatkan kursi sebelum pembunuhan itu terjadi.

Kematian Abe telah menimbulkan pertanyaan tentang langkah-langkah keamanan untuk tokoh masyarakat di Jepang, di mana politisi biasanya mengajukan permohonan langsung kepada pemilih di luar stasiun kereta api dan supermarket selama musim kampanye.

Abd yang merupakan keturunan dari keluarga politik yang menjadi perdana menteri termuda Jepang pascaperang, dilarikan ke rumah sakit Nara setelah penembakan itu. Dia tidak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal sekitar lima setengah jam setelah serangan mematikan yang mematikan di pagi hari itu.

Polisi saat ini berembuk untuk menetapkan rincian motif dan metode pembunuh Abe.

Sebuah iring-iringan mobil yang diduga membawa jenazah Abe meninggalkan rumah sakit Nara pada Sabtu pagi. NHK melaporkan, iringan tersebut diperkirakan menuju kediaman Abe di Tokyo.

Kishida berbicara pada hari Sabtu dengan Presiden AS Joe Biden, yang menyatakan belasungkawa dan memuji kepemimpinan Abe, NHK melaporkan.

Abe adalah kunci dalam pembentukan kelompok Quad yang bertujuan untuk melawan pengaruh China di kawasan Indo-Pasifik. Anggota lainnya, Amerika Serikat, India dan Australia, menyatakan keterkejutannya atas pembunuhan itu dalam sebuah pernyataan bersama.

"Kami akan menghormati ingatan Perdana Menteri Abe dengan melipatgandakan pekerjaan kami menuju kawasan yang damai dan sejahtera," kata pernyataan itu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×