kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Softbank Pimpin Putaran Pendanaan untuk Startup Asal Kenya


Selasa, 22 Maret 2022 / 10:04 WIB
Softbank Pimpin Putaran Pendanaan untuk Startup Asal Kenya
ILUSTRASI. Logo SoftBank Group. REUTERS/Toru Hanai/File Photo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NAIROBI. SoftBank Vision Fund 2 memimpin putaran pendanaan senilai US$ 40 juta untuk Apollo Agriculture, sebuah perusahaan teknologi berbasis di Kenya yang berusaha memperluas bisnisnya untuk membantu petani mengakses pasar dan layanan keuangan.

Chan Zuckerberg, Yara Growth Ventures, dan Endeavour Catalyst termasuk di antara investor lain yang berpartisipasi dalam putaran tersebut.

Direktur investasi di SoftBank Investment Advisers, Alexia Yannopoulos bilang bahwa Platform Apollo menawarkan solusi untuk membantu petani skala kecil di wilayah berkembang untuk meningkatkan hasil panen dan ternak.  Terlebih, ia mengungkapkan kalau memberi makan dunia adalah salah satu tantangan paling penting di tengah volatilitas makroekonomi dan geopolitik yang berkelanjutan.

“Menanamkan layanan keuangan yang berharga seperti kredit, asuransi, dan saran ke dalam rantai pasokan sangat penting dalam mendukung rantai makanan global yang lebih efisien dan berkelanjutan.” ujarnya dikutip dari Bloomberg, Selasa (22/3).

Baca Juga: Alibaba Tingkatkan Anggaran Buyback Saham Menjadi US$ 25 Miliar

Chief Executive Officer Apollo Eli Pollak pun mengatakan dana tersebut akan digunakan Apollo untuk meningkatkan jumlah klien di platformnya dan "berinvestasi dalam produk yang membawa petani dari pertanian untuk subsisten ke pertanian sebagai bisnis.

Menurutnya, pertanian di Afrika akan menjadi pasar senilai US$ 1 triliun selama dekade berikutnya di belakang pertumbuhan populasi benua dan permintaan pangan global. Oleh karenanya, perusahaan ingin memainkan peran penting di masa depan kawasan dengan berinvestasi dalam sistem untuk mendukung produk pertanian.

Didirikan pada tahun 2019, Apollo adalah platform pertanian komersial yang memungkinkan pengiriman input dan layanan jarak jauh kepada petani skala kecil menggunakan jaringan lebih dari 5.000 agen. 

Perusahaan menggunakan pembelajaran mesin dan teknologi data satelit untuk layanan inputnya kepada lebih dari 100.000 petani yang telah bergabung dengan platformnya sejak didirikan pada tahun 2019. Perusahaan ini juga memberi mereka layanan pembiayaan dan asuransi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×