kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sukses memasarkan produk melalui sosial media (3)


Jumat, 29 Maret 2019 / 09:05 WIB
Sukses memasarkan produk melalui sosial media (3)


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tri Adi

Bangun tidur, Anastasia Soare langsung membuka ponsel dan melihat akun Instagramnya. Ia sadar betul, media sosial menjadi salah satu cara paling ampuh memasarkan beragam produknya. Awalnya, Soare sempat cuma mengandalkan offline. Namun ia berhasil merebut hati pelanggannya dengan Instagram.

Instagram bukan sekadar media sosial untuk memajang foto. Media sosial yang disukai banyak orang ini kini telah berkembang menjadi salah satu media untuk menunjang bisnis, terutama sebagai strategi pemasaran digital. Berbagai fitur Instagram bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk.

Anastasia Soare sudah menyadari sejak awal. Pemasaran melalui media sosial mengantarkan ibu satu anak ini sebagai pengusaha kosmetik sukses di Amerika Serikat (AS). Kini kekayaan Soare telah mencapai US$ 1 miliar atau setara Rp 14,5 triliun, menurut data Forbes.

Soare adalah pemilik perusahaan kosmetik Anastasia Beverly Hills, yang menjual produk kecantikan dari pensil dan jel alis mata, eyeshadow, lipstik, bedak, contour kit, serta alat rias penting lain. Perusahaan ini sendiri telah menjual lebih dari 485 produk di lebih dari 3.000 toko yang terdapat di seluruh dunia, termasuk jaringan toko Dillards, Macys, Nordstrom, Sephora dan ULTA.

Sebelum sukses seperti sekarang, pemasaran produk Anastasia Beverly Hills masih secara offline. Pada tahun 2000, ia sempat meluncurkan pomade, tapi tidak laku di pasaran dan harus ditarik. Namun atas desakan putrinya, Claudia Soare, akhirnya Soare membawa mereknya ke Instagram tahun 2013.

Claudia membantu penjualan dengan mengandalkan pemasaran di akun instragram Anastasia Beverly Hills yang kini mempunyai 19,1 juta pengikut. Ia menggunakan berbagai fitur di Instagram sebagai pendekatan kreatif untuk membuat konten produk bisnisnya. Mulai dari memposting gambar, video, dan tutorial yang tepat menggunakan produk ini.

Komunitas Instagram telah benar-benar menerima tutorial dan kehadiran kami. Maka kami memutuskan untuk meluncurkan produk make up dan mempromosikan di Instagram, ungkap Soare.

Pada tahun 2018, Soare kembali meluncurkan produk alis mata, Pomade Dipbrow yang sempat ditarik dari pasar. Karena Instagram, ternyata jauh lebih mudah mengajar orang-orang menggunakan produk ini. Awalnya tidak ada yang suka, karena mereka kesulitan membentuk alis yang menukik dan terlihat besar. Nah, dengan tutorial yang mereka pelajari di Instagram, sekarang semua orang tidak bisa hidup tanpa Dipbrow.

Tokoh-tokoh berpengaruh di dunia make up dan fesyen juga kerap muncul di Instragram Anastasia Beverly Hills dengan menampilkan kreasi mereka menggunakan produk buatan Soare.

Seiring waktu, banyak wanita yang diyakinkan. Perempuan asal Rumania ini bahkan memperoleh pengikut setia berasal dari para selebritis Hollywood seperti Victoria Beckham, Oprah Winfrey, Jennifer Lopez, sampai semua anggota keluarga Kardashian.

Instagram telah menjadi bagian penting bagi hidup Soare.

Hal pertama yang dilakukan pengusaha cantik ini sebelum bangun dari tempat tidur adalah meraih ponselnya dan membuka Instagram. Ia memeriksa feed Instagram, yang berisikan seluruh foto di akunnya. "Saya ingin tidur tiga jam semalam dan bekerja lebih banyak. Anda bisa meraih peluang dengan begitu, terangnya.

(Bersambung)




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×