kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   -4.000   -0,26%
  • USD/IDR 16.195   5,00   0,03%
  • IDX 7.164   1,22   0,02%
  • KOMPAS100 1.070   0,97   0,09%
  • LQ45 838   0,57   0,07%
  • ISSI 216   -0,45   -0,21%
  • IDX30 430   0,42   0,10%
  • IDXHIDIV20 516   -1,25   -0,24%
  • IDX80 122   0,37   0,31%
  • IDXV30 126   -0,52   -0,42%
  • IDXQ30 143   -0,58   -0,40%

Tak Puas Jadi Produsen Mobil Listrik Terbesar Dunia, Ini Ambisi China Lainnya


Kamis, 02 Januari 2025 / 08:47 WIB
Tak Puas Jadi Produsen Mobil Listrik Terbesar Dunia, Ini Ambisi China Lainnya
ILUSTRASI. China tak puas dengan statusnya sebagai produsen kendaraan listrik terbesar dunia. Mereka ingin chip yang ada di dalamnya juga buatan China.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. China tidak puas dengan statusnya sebagai produsen kendaraan listrik yang dominan di dunia. Mereka ingin chip yang ada di dalamnya juga buatan China.

Wall Street Journal memberitakan, belum lama ini, hampir semua chip pada mobil China mengandalkan produksi oleh perusahaan seperti Texas Instruments dan Infineon dari Jerman. 

Meski demikian, menurut sejumlah sumber yang terlibat dalam industri tersebut, saat ini penggunaan chip buatan sendiri telah meningkat hingga sekitar 15%. Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat ke depannya.

Minggu lalu, AS membuka penyelidikan terhadap produksi chip China yang dibuat dengan teknologi matang yang sering digunakan di berbagai bidang seperti otomotif dan pertahanan. 

Perwakilan Dagang AS Katherine Tai mengatakan ada bukti bahwa China menggunakan cara-cara anti persaingan dan nonpasar yang ekstensif untuk mencapai swasembada. Dan Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa produsen chip China berbiaya rendah yang disubsidi dapat membanjiri pasar global dan menurunkan Harga chip.

Beijing tidak merahasiakan sedikit pun kebijakan industrinya, dengan alasan bahwa mengendalikan otak di dalam produk konsumen terpenting di dunia terlalu penting untuk diserahkan kepada kekuatan pasar. 

Baca Juga: Honda Operasikan Pabrik Mobil Ramah Lingkungan di China

Beijing menetapkan target untuk chip buatan dalam negeri dan mendukung produsen chip domestik melalui dana semikonduktor negara termasuk dana senilai US$ 47 miliar yang dimulai pada bulan Mei.

Perusahaan asing dalam bisnis chip mobil, yang memiliki pendapatan tahunan lebih dari US$ 80 miliar, menghadapi pilihan untuk memproduksi lebih banyak di Tiongkok atau kehilangan penjualan. 

Banyak yang memilih opsi pertama, yang akan mengacaukan rantai pasokan global yang ramping dan efisien untuk chip.

“Jika dunia ingin memisahkan diri, Anda dapat melakukan Tiongkok untuk Tiongkok dan non-Tiongkok untuk non-Tiongkok,” kata kepala eksekutif Texas Instruments, Haviv Ilan, pada pengarahan investor bulan Desember. “Jika dunia tetap terbuka, dan saya harap demikian, Anda dapat terus memiliki rantai pasokan yang beragam ini.”

Baca Juga: Mengejutkan, 160 Pekerja BYD di Brasil Diperlakukan Seperti Budak



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×