kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah Likuiditas US$ 4,48 miliar, Credit Suisse Bakal Jual Unit Usaha


Minggu, 16 Oktober 2022 / 14:06 WIB
Tambah Likuiditas US$ 4,48 miliar, Credit Suisse Bakal Jual Unit Usaha
ILUSTRASI. Logo bank Credit Suisse terlihat di sebuah gedung perkantoran di Zurich, Swiss, Senin (21/2/2022). Credit Suisse akan menjual unit usahanya di Swiss untuk menambah likuiditas US$ 4,48 miliar.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - ZURICH. Credit Suisse akan menjual unit usahanya di Swiss untuk menambah likuiditas US$ 4,48 miliar. Seperti dikutip Reuters, Minggu (16/10), unit usaha yang sedang dipertimbangkan dijual termasuk SIX Group yg menjalankan bursa saham Swiss serta dua bank, Pfandbriefbank dan Bank-Now.

Juga kepemilikan saham Credit Suisse sebanyak 8,6% di perusahaan teknologi yang berbasis di Madrid, Allfunds. Termasuk, Swisscard yang merupakan perusahaan patungan dengan American Express.

"Kami akan memperbarui kemajuan tinjauan strategi komprehensif kami ketika kami mengumumkan pendapatan kuartal ketiga kami," sebut Credit Suisse.

Financial Time pada bulan lalu melaporkan bahwa Credit Suisse telah menyusun rencana untuk membagi bank investasinya menjadi tiga. Ini sebagai upaya untuk keluar dari tiga tahun skandal tanpa henti.

Sebab, Credit Suisse telah kehilangan lebih dari US$ 5 miliar dari runtuhnya perusahaan investasi Archegos tahun lalu. Ketika itu, Credit Suisse juga harus menangguhkan dana klien terkait dengan pemodal Greensill Capital.

Baca Juga: Keuangan Memburuk, Credit Suisse Bakal Jadi The Next Lehman Brothers?

Credit Suisse juga ingin menjual Savoy Hotel yang terkenal, yang terletak di Paradeplatz di pusat distrik keuangan Zurich. Hotel itu bisa bernilai 400 juta franc Swiss, seperti yang dilaporkan oleh blog keuangan Inside Paradeplatz awal bulan ini.

Credit Suisse sedang mempertimbangkan untuk memotong sekitar 5.000 pekerjaan di seluruh grup, sebagai bagian dari upaya pengurangan biaya, sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut mengatakan kepada Reuters pada bulan September.

Credit Suisse akan mempresentasikan strategi bisnis barunya pada 27 Oktober, ketika mengumumkan hasil kinerja kuartal ketiga.

Sebelumnya, Analis di Goldman Sachs Group Inc Chris Hallam memperkirakan, Credit Suisse Group AG bakal menghadapi kekurangan modal sebanyak 8 miliar franc Swiss atau setara US$ 8 miliar pada tahun 2024.  Chris Hallam juga menggarisbawahi soal tantangan dan kemungkinan restrukturisasi mendalam terhadap Credit Suisse.

Setidaknya, perusahaan yang berbasis di Zurich ini kekurangan modal 4 miliar franc, mengingat kebutuhan untuk melakukan restrukturisasi operasi perbankan investasi pada saat pembangkitan modal minimal. "Credit Suisse terus menghadapi tantangan siklus dan struktural," tulis para analis dalam sebuah catatan, mempertahankan rekomendasi jual pada saham.

Credit Suisse Group AG juga tengah menjajaki pemotongan radikal ke bank investasinya yang bergejolak, termasuk melepaskan sebagian besar kelompok produk sekuritisasinya. Namun saham Credit Suisse tercatat naik 2% pada perdagangan Selasa.

Sementara itu, meningkatkan modal merupakan opsi yang tengah dipertimbangkan mengingat eksekutif Credit Suisse menghindari menerbitkan ekuitas dengan harga saham yang mendekati rekor terendah saat ini.

Credit Suisse memiliki rasio modal CET1 13,5% pada 30 Juni, jauh di atas peraturan internasional minimum 8% dan persyaratan Swiss sekitar 10%. Rasio cakupan likuiditasnya adalah salah satu yang tertinggi di antara sesama perbankan Eropa dan AS.

Komentar Goldman digaungkan analis Jefferies Flora Bocahut, yang mengatakan dalam sebuah catatan pada hari Selasa bahwa Credit Suisse perlu mencari sekitar 9 miliar franc Swiss modal dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Baca Juga: Credit Suisse Diprediksi Kekurangan Modal Setara US$ 8 Miliar pada 2024




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×