kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tencent tawarkan US$ 2,1 miliar untuk akuisisi mencin pencari Sogou Inc


Selasa, 28 Juli 2020 / 14:05 WIB
Tencent tawarkan US$ 2,1 miliar untuk akuisisi mencin pencari Sogou Inc
ILUSTRASI. FILE PHOTO: A Tencent sign is seen during the fourth World Internet Conference in Wuzhen, Zhejiang province, China, December 4, 2017. REUTERS/Aly Song/File Photo


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Tencent Holdings Ltd tengah berencana mengambil alih perusahaan mesin pencari pribadi Sogou Inc yang terdaftar di Pasar Saham New York. Tencent menawarkan kesepakatan senilai US$ 2,1 miliar seperti pemberitaan Bloomberg pada Selasa (28/7).

Bila aksi akuisisi ini sukses, mana akan menambah sejumlah raksasa teknologi China yang delisting dari bursa saham Amerika Serikat. Sogou yang berbasis di Beijing telah lama menjadi default dalam banyak produk Tencent termasuk aplikasi sosial Marquee dan WeChat.

Baca Juga: Virus corona bikin permintaan emas di China turun 38% di semester I

Tencent dalam beberapa tahun terakhir mendapat tekanan dari ByteDance lewat TikTok dan pesaing lainnya. Pesaing menawarkan platform video pendek yang baru-baru ini menjadi tren.

Pengambilalihan Sogou juga meningkatkan prospek listing yang menguntungkan di Hong Kong atau Shanghai di masa depan. Berkaca dari debut yang sukses oleh Alibaba Group Holding Ltd. dan JD.com Inc.

Hal ini menjadi sentimen yang menarik bagi raksasa teknologi untuk melantai di bursa China daratan maupun Hongkong. Grup Ant Jack Ma juga tengah menggunakan strategi untuk listing di bursa saham Hong Kong.

Sebelumnya pada 2018, Kepala Eksekutif Sogou Wang Xiaochuan menyatakan ambisinya untuk mendaftarkan di bursa China daratan ketika peraturan mengizinkan untuk melakukannya.

Baca Juga: Minta vaksin virus corona ke China, Filipina melunak soal Laut China Selatan

Perusahaan-perusahaan internet Cina sedang menjajaki listing lebih dekat ke negara asal. Setelah undang-undang AS yang diusulkan mengancam penghentian mereka dari New York, lantaran adanya persyaratan yang lebih ketat.

Prospek yang terlihat semakin masuk akal bagi perusahaan teknologi listing di China ketika pemerintahan Trump meningkatkan tindakan terhadap Beijing di berbagai bidang. Perusahaan game online Changyou.com Ltd telah delisting tahun ini oleh Sohu.com Ltd., dan 58.com Inc. dibeli oleh konsorsium ekuitas swasta dengan harga US$ 8,7 miliar.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×