kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,27   2,40   0.28%
  • EMAS913.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

The Fed: Pemulihan ekonomi tetap di jalurnya, meski ada lonjakan kasus Covid-19


Kamis, 29 Juli 2021 / 05:30 WIB
The Fed: Pemulihan ekonomi tetap di jalurnya, meski ada lonjakan kasus Covid-19

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. The Federal Reserve dalam pernyataan kebijakannya menyatakan pemulihan ekonomi AS masih ada di jalurnya meskipun ada peningkatan infeksi virus corona.

Mengutip Reuters, Kamis (29/), dalam konferensi pers setelah rilis pernyataan itu, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan pasar kerja AS masih memiliki beberapa alasan untuk ditutup sebelum saatnya untuk menarik kembali dari dukungan ekonomi yang diberlakukan bank sentral AS di musim semi tahun 2020 untuk memerangi guncangan ekonomi akibat pandemi virus corona.

"Saya ingin melihat angka pekerjaan yang kuat dalam beberapa bulan mendatang sebelum mengurangi pembelian obligasi bulanan sebesar US$ 120 miliar yang terus dilakukan oleh The Fed," kata Powell kepada wartawan.

Tetapi Powell meremehkan, setidaknya untuk saat ini, risiko bahwa penyebaran baru virus corona melalui varian Delta yang lebih menular akan menempatkan pemulihan dalam risiko atau membuat Fed keluar jalur karena berencana keluar dari kebijakan era krisis.

"Ini akan memiliki konsekuensi kesehatan yang signifikan" di wilayah negara di mana wabah semakin meningkat, kata Powell. 

Baca Juga: Wall Street: Google mengangkat Nasdaq saat mata tertuju ke The Fed

Namun dalam gelombang infeksi virus corona sebelumnya "cenderung lebih sedikit implikasi ekonominya ... Ini bukan harapan yang tidak masuk akal" yang akan tetap terjadi kali ini, tambahnya. 

"Sepertinya kita telah belajar untuk menangani ini," dengan gangguan ekonomi yang semakin berkurang, kata Powell, bahkan ketika dia mengakui wabah baru mungkin memperlambat kembalinya pekerja ke pasar tenaga kerja atau mengganggu rencana pembukaan kembali sekolah pada musim gugur.

Pernyataan kebijakan The Fed, yang dikeluarkan setelah akhir pertemuan kebijakan dua hari, mencerminkan kepercayaan itu karena bank sentral terus memperdebatkan bagaimana mengurangi pembelian obligasinya.

Tampaknya ada kemajuan dalam diskusi itu, meskipun tidak ada jadwal yang jelas untuk mengurangi pembelian obligasi. 

Powell mengatakan ada "sangat sedikit dukungan" untuk memangkas pembelian sekuritas bulanan yang didukung hipotek sebesar US$ 40 miliar lebih awal daripada US$ 80 miliar di Treasuries, dan bahwa begitu proses dimulai "kami akan menguranginya pada waktu yang sama."

Namun, secara keseluruhan, The Fed tampaknya tidak terpengaruh oleh penyebaran varian Delta, meskipun infeksi virus corona harian baru secara kasar meningkat empat kali lipat sejak pertemuan kebijakan Fed 15-16 Juni.




TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×