kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

The Fed tertarik bikin mata uang kripto sendiri


Jumat, 01 Desember 2017 / 19:22 WIB
The Fed tertarik bikin mata uang kripto sendiri


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Seiring harga mata uang kripto yang terus melambung, Federal Reserve rupanya tergoda untuk memiliki produk seperti bitcoin untuk kepentingannya sendiri.

William Dudley, Presiden dan CEO Federal Reserve Bank of New York, mengatakan pada sebuah konferensi bahwa Fed sedang mengeksplorasi gagasan memproduksi mata uang digital sendiri, menurut laporan dari Dow Jones. Tapi, Dudley menambahkan bahwa "sangat prematur" untuk memperkirakan kapan Fed akan menghasilkan mata uang digital buatan sendiri, menurut Bloomberg, akhir pekan ini.

Sentimen itu datang meski Dudley mengatakan bahwa dia memandang bitcoin adalah "aktivitas spekulatif" dan bukan nilai penyimpanan yang stabil. Ucapan Dudley terjadi berbarengan dengan rekor bau yang dicapai bitcoin. Tapi, baru sehari setelah mencapai US$ 10.000, bitcoin kehilangan nilai US$ 11.000.

Dudley bukan pejabat Fed pertama yang menangani popularitas bitcoin. Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker, dalam sambutan yang disampaikan pada sebuah konferensi di bulan September, mengatakan bahwa dia meragukan bahwa bitcoin akan merusak dolar AS, terutama karena tidak mendapat dukungan dari pemerintah. '

"Kertas yang ada di saku Anda, hanya memiliki nilai karena kita percaya itu bernilai, karena kita percaya bahwa pemerintah berdiri di belakangnya. Itu semua masalah kepercayaan," kata Harker, menurut sebuah laporan Coindesk.

Awal tahun ini, Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari juga menyatakan skeptisisme tentang bitcoin yang pernah muncul sebagai mata uang, meskipun dia mengatakan teknologi blockchain di belakangnya memiliki "potensi" untuk pengembangan lebih lanjut.

Blockchain mencatat transaksi digital, kunci perdagangan bitcoin, yang sebenarnya bukan koin melainkan sistem pembayaran yang dibuat secara online. Fed New York tidak segera menanggapi permintaan CNBC untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai ucapan Dudley.




TERBARU

[X]
×