kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkat pengangguran turun, The Fed kemungkinan besar masih akan pangkas suku bunga


Jumat, 05 Juli 2019 / 17:13 WIB
Tingkat pengangguran turun, The Fed kemungkinan besar masih akan pangkas suku bunga


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pertumbuhan pekerjaan Amerika Serikat diprediksi rebound pada bulan Juni karena adanya kenaikan upah. Kendati demikian, Federal Reserve masih berencana untuk pemotongan suku bunga acuan AS guna meningkatkan ekonomi yang melambat.

Mengutip Reuters, Jumat (5/7), alasan The Fed memangkas bunga acuan karena tidak ada kemajuan penyelesaian sengketa dagang AS dan China. Bulan lalu, The Fed mengisyaratkan dapat melonggarkan kebijakan moneter pada awal Juli.

Langkah ini diambil melihat inflasi yang rendah serta meningkatnya risiko terhadap ekonomi dari meningkatnya ketegangan perdagangan antara Washington dan Beijing.

Presiden Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping pekan lalu menyetujui gencatan senjata perdagangan dan kembalinya pembicaraan. Penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro mengatakan perundingan sedang menuju ke arah yang solutif. Namun membutuhkan waktu menuju kesepakatan yang tepat.

Pertarungan perdagangan telah melemahkan kepercayaan bisnis, yang mengarah ke penurunan pengeluaran peralatan dan manufaktur.

"Diberi tanda-tanda perlambatan pertumbuhan dan sedikit kemajuan materi dalam perang perdagangan, rebound dalam pertumbuhan pekerjaan masih akan meninggalkan The Fed pada jalur untuk memotong suku bunga pada pertemuan Juli dan kami mengharapkan pemotongan 25 basis poin," kata Sam Bullard, seorang senior ekonom di Wells Fargo Securities di Charlotte, North Carolina.

Survei Reuters terhadap para ekonom melihat adanya peningkatan pekerjaan non pertanian mencapai 160.000 pekerjaan pada bulan lalu. Padahal pada Mei hanya terdapat 75.000 pekerjaan non pertanian.

Laporan pada hari Rabu menunjukkan bahwa pengusaha swasta mempekerjakan pekerja jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan bulan lalu dan sejumlah industri jasa pekerjaan menurun.

Pertumbuhan pekerjaan telah melambat menjadi rata-rata 164.000 per bulan tahun ini dari 223.000 pada 2018. Namun, langkahnya, masih jauh di atas sekitar 100.000 yang dibutuhkan untuk mengimbangi pertumbuhan populasi usia kerja.

Pengeluaran konsumen meningkat secara moderat. Manufaktur dan pasar perumahan sedang berjuang dan defisit perdagangan melebar lagi. Pengeluaran konstruksi telah melemah karena dorongan dari peningkatan investasi di jalan dan jalan raya oleh pemerintah negara bagian dan lokal memudar.

Meskipun pertumbuhan upah diperkirakan meningkat pada bulan Juni, tren telah melambat dari akhir tahun lalu ketika upah naik pada tingkat tercepat dalam satu dekade.

Penghasilan per jam rata-rata diperkirakan meningkat 0,3% setelah naik 0,2% pada bulan Mei. Itu akan mengangkat kenaikan upah tahunan menjadi 3,2% dari 3,1% pada Mei, yang merupakan kenaikan paling lambat dalam delapan bulan.

"Saya skeptis bahwa konsumen dapat menjaga perlambatan, yang berpusat di bidang manufaktur dan investasi bisnis, dari merembes ke sudut ekonomi lainnya," kata Scott Anderson, kepala ekonom di Bank of the West di San Francisco.

The Fed Atlanta memperkirakan produk domestik bruto naik pada tingkat tahunan 1,3% pada kuartal kedua. Ekonomi tumbuh pada kecepatan 3,1% pada kuartal pertama.

Tingkat pengangguran diperkirakan akan tetap mendekati level terendah 50 tahun di 3,6% pada bulan Juni untuk bulan ketiga berturut-turut. Tetapi tingkat pengangguran bisa mengejutkan di atas karena survei pekan lalu menunjukkan konsumen kurang optimis dalam persepsi mereka tentang pasar tenaga kerja bulan ini.

Survei Conference Board yang disebut sebagai diferensial pasar tenaga kerja, berasal dari data tentang responden yang berpikir pekerjaan sulit didapat dan mereka yang berpikir pekerjaan berlimpah, turun ke level terendah satu tahun pada bulan Juni. Ukuran ini berkorelasi erat dengan tingkat pengangguran.

Beberapa penurunan baru-baru ini dalam tingkat pengangguran adalah karena orang-orang meninggalkan pasar tenaga kerja. Pertumbuhan pekerjaan telah melambat sebagian karena pengusaha berjuang untuk menemukan pekerja yang berkualitas. Ada sekitar 7,4 juta lowongan pekerjaan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×