kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan ketegangan dengan China, SMIC dan CNOOC bakal masuk daftar hitam Trump


Selasa, 01 Desember 2020 / 07:36 WIB
Tingkatkan ketegangan dengan China, SMIC dan CNOOC bakal masuk daftar hitam Trump
ILUSTRASI. Bendera China dan AS


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pemerintahan Donald Trump berencana untuk menambahkan pembuat chip China SMIC dan raksasa minyak CNOOC ke dalam daftar hitam perusahaan yang diduga terafiliasi dengan militer China.  

Hal ini diperkirakan akan meningkatkan ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dengan China sebelum Presiden terpilih Joe Biden menjabat. Hal tersebut diungkapkan sumber yang mengetahui masalah tersebut dan sebuah dokumen yang dilihat oleh Reuters.

Departemen Pertahanan (DOD) bersiap untuk menunjuk empat perusahaan China lagi yang diduga dimiliki atau dikendalikan oleh militer China. Ini membuat jumlah totalnya menjadi 35. 

Perintah eksekutif baru-baru ini yang dikeluarkan oleh Presiden Donald Trump akan mencegah investor AS membeli sekuritas dari daftar hitam perusahaan mulai akhir tahun depan.

Baca Juga: Biden akan menerima pengarahan intelijen presiden pertama pada hari Senin

Tidak segera jelas kapan tambahan baru ke daftar hitam akan diterbitkan di Federal Register. Tetapi daftar itu termasuk China Construction Technology Co Ltd dan China International Engineering Consulting Corp, serta Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC) dan China National Offshore Oil Corp (CNOOC), menurut dokumen yang dilihat oleh Reuters dan empat sumber lainnya.

SMIC mengatakan pihaknya terus "terlibat secara konstruktif dan terbuka dengan pemerintah AS" dan bahwa produk serta layanannya semata-mata untuk penggunaan sipil dan komersial. 

"Perusahaan kami tidak memiliki hubungan dengan militer China dan tidak memproduksi untuk pengguna akhir atau penggunaan akhir militer," kata perusahaan  dalam sebuah pernyataan.

Namun, hal ini membuat saham SMIC ditutup anjlok 2,7% pada hari Senin (30/11).

Unit CNOOC yang terdaftar CNOOC Ltd, saham juga turun hampir 14% pada hari Senin, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah memeriksa dengan induk usahanya dan tidak ada pemberitahuan resmi dari otoritas AS yang relevan telah diterima.

Ditanya tentang langkah Washington yang direncanakan, juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying mengatakan, Beijing berharap AS tidak akan membangun penghalang dan hambatan untuk kerja sama dan mendiskriminasi perusahaan China.

Kemudian pada hari Senin, Bernstein Research menurunkan peringkat saham CNOOC Ltd menjadi 'market perform' dengan menerapkan diskon 30% untuk target harga saham, mengutip risiko sanksi yang berkisar dari larangan dana AS yang memiliki saham CNOOC hingga melarang perusahaan AS melakukan bisnis dengan CNOOC.

DOD tidak menanggapi permintaan komentar.

Baca Juga: Marah besar, Iran janji akan balas pelaku pembunuhan ilmuwan nuklir Iran

SMIC, yang sangat bergantung pada peralatan dari pemasok AS, sudah berada di garis bidik Washington. Pada bulan September, Departemen Perdagangan AS memberi tahu beberapa perusahaan bahwa mereka perlu mendapatkan lisensi sebelum memasok barang dan jasa ke SMIC setelah menyimpulkan ada "risiko yang tidak dapat diterima" bahwa peralatan yang dipasok ke sana dapat digunakan untuk tujuan militer.

Daftar hitam yang diperluas dipandang sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat warisan keras Trump terhadap China. 

Langkah itu juga merupakan bagian dari upaya yang lebih luas oleh Washington untuk menargetkan apa yang dilihatnya sebagai upaya Beijing untuk meminta perusahaan memanfaatkan teknologi sipil yang muncul untuk tujuan militer.

Reuters melaporkan pekan lalu bahwa pemerintahan Trump hampir mengumumkan bahwa 89 kedirgantaraan China dan perusahaan lain memiliki hubungan militer, membatasi mereka untuk membeli berbagai barang dan teknologi AS.

Daftar "Perusahaan Militer China Komunis" diamanatkan oleh undang-undang tahun 1999 yang mewajibkan Pentagon untuk menyusun katalog perusahaan "yang dimiliki atau dikendalikan" oleh Tentara Pembebasan Rakyat, tetapi DOD hanya mematuhinya pada tahun 2020. Raksasa seperti Hikvision, China Telecom, dan China Seluler ditambahkan awal tahun ini.

"Pemerintah kami berhak memperlakukan perusahaan-perusahaan ini sebagai boneka pemerintah China," kata Senator Republik Tom Cotton, ketika ditanya tentang penambahan yang akan datang. Cotton, seorang garis keras China, telah meminta DOD untuk merilis daftar itu tahun lalu.

Selanjutnya: Kilang minyak di Irak utara terbakar akibat serangan roket ISIS




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×