kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Truk Bantuan Bahan Bakar Pertama Mulai Masuk ke Gaza dari Mesir


Kamis, 16 November 2023 / 10:09 WIB
Truk Bantuan Bahan Bakar Pertama Mulai Masuk ke Gaza dari Mesir
ILUSTRASI. Truk pertama yang mengirimkan bahan bakar ke Jalur Gaza mulai menyeberang dari Mesir. REUTERS/Stringer


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - RAFAH. Truk pertama yang mengirimkan bahan bakar ke Jalur Gaza sejak Israel melakukan pengepungan total terhadap wilayah tersebut dalam perang dengan Hamas mulai menyeberang dari Mesir pada hari Rabu, kata dua sumber keamanan Mesir.

Pengiriman tersebut dimungkinkan karena Israel memberikan persetujuannya atas 24.000 liter (6.340 galon) bahan bakar diesel yang diizinkan masuk ke Gaza untuk digunakan oleh truk distribusi bantuan PBB, namun tidak untuk digunakan di rumah sakit, menurut sumber kemanusiaan.

Pengiriman bantuan kemanusiaan yang terbatas telah dilintasi dari Mesir ke Gaza sejak 21 Oktober, namun Israel menolak mengizinkan masuknya bahan bakar, dengan mengatakan bahwa Hamas memiliki persediaan yang banyak.

Baca Juga: Erdogan Sebut Israel Sebagai Negara Teror dan Kritik Negara Barat

PBB telah memperingatkan dalam beberapa hari terakhir bahwa mereka harus segera menghentikan operasi kemanusiaan, termasuk distribusi bantuan di Gaza, karena stok bahan bakarnya sudah habis.

Para relawan mengatakan kurangnya bahan bakar, yang diperlukan untuk generator rumah sakit dan penyediaan air serta distribusi bantuan, sehingga semakin memperburuk kondisi 2,3 juta penduduk Gaza.

Pengiriman awal 24.000 liter bahan bakar dilakukan selama dua hari, dengan 12.000 liter dialokasikan setiap hari, kata sumber internasional yang mengetahui operasi tersebut.

“Ini tidak cukup untuk apa pun, tidak untuk rumah sakit, bahkan untuk pengiriman bantuan,” kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu. 

“Ini dimaksudkan untuk cukup membawa sebagian bantuan yang berada di luar dan terkena hujan misalnya di dalam ruangan ke gudang,” tambahnya.

Baca Juga: Lagi-Lagi, Dewan Keamanan PBB Serukan Jeda Kemanusiaan Perang Gaza

Para saksi mata mengatakan dua truk lainnya sedang berbaris di sisi penyeberangan Rafah di Mesir dan menunggu untuk melaju ke Gaza, namun tidak jelas kapan mereka akan masuk.

Israel memulai kampanye militernya untuk memusnahkan Hamas setelah pejuang Hamas menyeberang ke Israel selatan pada 7 Oktober. Israel mengatakan 1.200 orang tewas dan sekitar 240 tawanan ditawan dalam serangan itu. 

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan lebih dari 11.000 warga Palestina dipastikan tewas dalam serangan militer Israel.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×