kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Trump bertemu bos The Fed Jerome Powell di Gedung Putih, ini yang dibahas


Senin, 18 November 2019 / 23:26 WIB
Trump bertemu bos The Fed Jerome Powell di Gedung Putih, ini yang dibahas
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump berperan sebagai Jerome Powell, calonnya untuk menjadi ketua Federal Reserve AS, berbicara di Gedung Putih di Washington, AS, 2 November 2017.

Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Gubernur Federal Reserve Jerome Powell, yang telah berselisih mengenai arah kebijakan moneter, melakukan pertemuan pada Senin (18/11) untuk membahas berbagai masalah ekonomi.

Keduanya, bersama dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, membahas ekonomi secara luas serta pertumbuhan, tren ketenagakerjaan dan inflasi.

Baca Juga: Sepekan ke depan, IHSG berpotensi konsolidasi menguat karena alasan-alasan ini

"Komentar Powell konsisten dengan pernyataannya pada audiensi kongresnya pekan lalu," rilis The Fed terkait pertemuan tersebut seperti dilansir CNBC.

Dalam pertemuan terpisah dengan panel-panel di Capitol Hill, Powell mengatakan dia merasa bahwa kebijakan moneter tepat dan kemungkinan akan tetap stabil kecuali ada beberapa perubahan signifikan dalam prospek ekonomi.

Selain itu, dia mengatakan beberapa kali bahwa kebijakan Fed tidak dipengaruhi oleh pertimbangan politik. Itu poin utama, mengingat Trump begitu vokal dalam kritiknya terhadap Powell Fed, mengatakan bahwa kenaikan suku bunga pada tahun 2018 tidak diperlukan dan bahwa bank sentral terlalu lambat untuk melonggarkan kebijakan tahun ini.

Baca Juga: Dengan inflasi yang rendah, The Fed dapat meningkatkan pasar tenaga kerja

Berikut pernyataan lengkap dari The Fed:

Atas undangan Presiden, Ketua Powell bertemu dengan Presiden dan Menteri Keuangan Senin pagi di Gedung Putih untuk membahas ekonomi, pertumbuhan, lapangan kerja, dan inflasi.

Ketua Powell konsisten dengan komentarnya pada audiensi kongresnya minggu lalu. Dia tidak membahas harapannya untuk kebijakan moneter, kecuali untuk menekankan bahwa jalur kebijakan akan bergantung sepenuhnya pada informasi yang masuk yang dikenakan pada prospek ekonomi.

Akhirnya, Ketua Powell mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya di Komite Pasar Terbuka Federal akan menetapkan kebijakan moneter, seperti yang disyaratkan oleh hukum, untuk mendukung pekerjaan maksimum dan harga stabil dan akan membuat keputusan itu hanya berdasarkan analisis yang cermat, objektif, dan non-politik.




TERBARU

Close [X]
×