kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vale Akan Memasok Nikel Untuk Kendaraan Listrik Tesla


Sabtu, 07 Mei 2022 / 14:40 WIB
Vale Akan Memasok Nikel Untuk Kendaraan Listrik Tesla


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - SAO PAULO. Penambang asal Brasil,  Vale SA mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya telah menandatangani kesepakatan jangka panjang dengan Tesla Inc untuk memasok nikel kepada pembuat kendaraan listrik yang berbasis di Amerika Serikat (AS) dari operasinya di Kanada.

Vale tidak memberikan perincian keuangan tentang kesepakatan itu dan tidak mengatakan berapa lama itu akan berlangsung.

Penambang Brasil itu mengatakan dalam pengajuan sekuritas bahwa perjanjian tersebut melibatkan penyediaan Tesla dengan nikel Kelas 1 rendah karbon dan sejalan dengan strateginya untuk meningkatkan eksposurnya ke industri kendaraan listrik.

Vale mengatakan pihaknya menargetkan antara 30% dan 40% dari penjualan nikel Kelas 1 untuk masuk ke sektor yang sedang tumbuh cepat itu, tanpa merinci berapa banyak yang akan diwakili dalam hal volume.

aBaca Juga: Vale Dituduh Langgar UU Sekuritas Amerika, Palsukan Informasi Soal Keamanan Bendungan

Menurut laporan kinerja kuartal pertama Vale, total penjualan mencapai 20.000 ton nikel Kelas Atas 1 pada periode tersebut. Sebanyak 1.300 ton di antaranya ke industri kendaraan listrik.

Perdana Menteri Kanada Newfoundland dan Labrador Andrew Furey mengatakan di Twitter kesepakatan itu akan mencakup nikel yang diproduksi oleh Vale di pabrik Long Harbour, yang terletak di provinsi tersebut.

"Selamat kepada Vale atas penandatanganan kesepakatan signifikan ini dengan Tesla untuk memasok nikel yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat baterai untuk kendaraan listrik," kata Furey seperti dikutip Reuters, Sabtu (7/5).

Menurut Vale, nikel yang diproduksi di fasilitas Long Harbor memiliki jejak karbon sebesar 4,4 ton setara CO2 untuk setiap ton nikel, yang sebelumnya diklaim sekitar sepertiga rata-rata Nikel Institute untuk nikel Kelas 1.

Vale mengatakan di situs webnya bahwa jejak karbon seperti itu menjadikannya "pemasok pilihan untuk industri kendaraan listrik".




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×