Varian Delta meluas, Australia kunci wilayah negara bagian

Selasa, 20 Juli 2021 | 12:23 WIB   Reporter: Ferrika Sari
Varian Delta meluas, Australia kunci wilayah negara bagian

ILUSTRASI. Seorang penumpang duduk di halte trem di jalan pusat kota yang hampir kosong pada penguncian saat negara bagian Victoria berusaha membatasi penyebaran COVID-19 di Melbourne, Australia. REUTERS/Sandra Sanders


KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, Australia melakukan penguncian di negara bagian pada Selasa (20/7). Salah satunya, negara bagian Victoria memperpanjang masa penguncian selama tujuh hari.

Sementara itu, Australia Selatan mengumumkan penguncian selama seminggu. Lalu Sydney dalam penguncian hingga lima minggu.

Negara bagian terpadat di Australia, New South Wales sedang memerangi wabah tersebut dengan total kasus melebihi 1.400. Pihak berwenang melaporkan adanya penurunan kasus baru di nagara bagian tersebut. Pemerintah melaporkan 78 kasus, turun dari sehari sebelumnya yang mencapai 98 kasus. 

“Kami melihat lebih banyak rawat inap, lebih banyak penerimaan ke ICU, lebih banyak orang menggunakan ventilator. Kami harus menghentikan penyebaran Covid,” kata Kepala Kesehatan NSW Kerry Chant di Sydney seperti dikutip Reuters, pada Selasa (20/7).

Setidaknya 21 dari kasus baru menular. Untuk membuka penguncian tersebut, kasus di wilayah tersebut harus mendekati nol. 

Baca Juga: Ini penjelasan ahli soal video viral benua Australia mendekat ke Indonesia

Penguncian wilayah selama lima hari di negara bagian Victoria akan berakhir pada Selasa malam, tetapi pihak berwenang mengatakan penguncian perlu diperpanjang sampai tujuh hari ke depan. 

"Adanya rantai penularan yang belum kami ketahui dan jika kita mau membukanya, kami akan melihat seberapa cepat ini berjalan, kami melihat betapa menantangnya hal ini dalam waktu yang sangat singkat," kata Perdana Menteri Victoria. 

“Kecepatan pergerakan ini di Victoria menegaskan bahwa kami melakukan hal yang benar untuk mengunci. Kami membutuhkan lebih banyak waktu.”

Sembilan kasus yang didapat secara lokal terdeteksi di Victoria dari 13 hari sebelumnya. Hal ini sejalan dengan tren penurunan dan menjadikan total kasus menjadi lebih dari 80. 

Lokasi yang terpapar virus di Victoria telah meningkat menjadi lebih dari 300 sejak kasus pertama terdeteksi seminggu lalu. Negara bagian Australia Selatan memasuki penguncian tujuh hari setelah mengidentifikasi kasus Delta baru. Sejauh ini, pihak berwenang telah mendeteksi lima kasus terkait dengan klaster ini. 

Selanjutnya: Pemerintah Australia hibahkan ventilator, Bea Cukai jalankan peran fasilitator

 

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru