kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett: Berita Buruk adalah Sahabat Investor, Jangan Cemas


Selasa, 26 Juli 2022 / 09:57 WIB
Warren Buffett: Berita Buruk adalah Sahabat Investor, Jangan Cemas
ILUSTRASI. Jika khawatir tentang resesi, itu normal. Namun Warren Buffett punya tips jitu menghadapi resesi. REUTERS/Scott Morgan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi di masa depan terhadap perekonomian. Beberapa ahli percaya bahwa setidaknya ada peluang 50% bahwa kita bisa menghadapi resesi dalam 18 bulan ke depan.

Jika Anda khawatir tentang potensi resesi dan dampaknya terhadap investasi Anda, itu normal. 

Tapi berikut adalah beberapa tips dari investor terkenal Warren Buffett yang bisa membantu menenangkan saraf Anda seperti yang dilansir dari The Motley Fool dan CNN:

1. Jangan takut untuk terus berinvestasi

Ketika harga saham jatuh dan ekonomi tenggelam, ini mungkin bukan waktu terbaik untuk berinvestasi. Namun, penurunan bisa menjadi kesempatan sempurna untuk membeli lebih banyak karena harga lebih rendah.

Kembali pada tahun 2008, pada puncak Resesi Hebat, Buffett menulis sebuah opini untuk The New York Times. Warren Buffett menulis: 

"Singkatnya, berita buruk adalah sahabat investor. Ini memungkinkan Anda membeli sepotong masa depan Amerika dengan harga yang diturunkan."

Jika resesi sebelumnya telah mengajari kita sesuatu, pasar pada akhirnya akan pulih. Dengan terus berinvestasi selama penurunan, Anda tidak hanya dapat memperoleh investasi berkualitas tinggi dengan harga diskon, tetapi Anda juga dapat menyiapkan diri untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan saat harga saham melambung.

Baca Juga: Formula Sukses Warren Buffett: Tidur dengan Otak Lebih Cerdas Dibanding Saat Bangun

2. Berinvestasi untuk jangka panjang

Tak seorang pun -- bahkan Warren Buffett -- dapat memprediksi dengan tepat bagaimana kinerja pasar saham dalam beberapa minggu atau bulan mendatang. 
Jika kita menghadapi resesi, tidak ada yang tahu seberapa parah atau berapa lama itu akan berlangsung.

Apa yang kita ketahui, bagaimanapun, adalah bahwa dalam jangka panjang, pasar akan melihat pengembalian rata-rata yang positif. Tidak peduli seberapa buruk hal-hal dalam jangka pendek, mereka akan membaik seiring waktu.

Warren Buffett menulis dalam artikel New York Times:

"Dalam jangka panjang, berita pasar saham akan bagus. Pada abad ke-20, Amerika Serikat mengalami dua perang dunia dan konflik militer yang traumatis dan mahal lainnya; depresi; selusin resesi dan kepanikan finansial; guncangan minyak; wabah flu; dan pengunduran diri presiden yang dipermalukan. Namun Dow naik dari 66 menjadi 11.497."

Baca Juga: Mengapa Warren Buffett Menghindari Investasi Real Estate?

3. Pilih saham yang tepat

Terus berinvestasi selama kemerosotan pasar bisa menjadi ide yang cerdas, tetapi kunci suksesnya adalah memilih investasi yang tepat.

Dalam sebuah surat kepada pemegang saham, Warren Buffett menjelaskan bahwa dia dan mitra bisnis Charlie Munger fokus pertama dan terutama dan berinvestasi dalam bisnis daripada saham, dengan mengatakan: 

"[Kami] memiliki saham berdasarkan harapan kami tentang kinerja bisnis jangka panjang mereka dan bukan karena kami melihatnya sebagai kendaraan untuk pergerakan pasar yang tepat waktu. Poin itu sangat penting: Charlie dan saya bukan pemetik saham; kami adalah pemetik bisnis."

Tidak semua saham akan mampu bertahan dari resesi, tetapi perusahaan yang sehat memiliki peluang terbaik. Bisnis dengan fundamental yang kuat adalah yang paling mungkin untuk melihat pertumbuhan dari waktu ke waktu, dan semakin banyak perusahaan yang Anda miliki, semakin baik Anda.

4. Memanfaatkan resesi

Resesi tidak mudah, dan bahkan yang paling berpengalaman pun terkadang kesulitan. Tapi itu mungkin untuk melewatinya dengan strategi yang tepat.

Dengan berinvestasi di saham yang kuat dan menjaga pandangan jangka panjang, Anda dapat lebih tenang mengetahui bahwa Anda melakukan segala kemungkinan untuk melindungi keuangan Anda -- terlepas dari apa yang terjadi dengan ekonomi.

Baca Juga: Ogah Lirik Si Kuning, Warren Buffett: Emas, Aset yang Tidak Akan Memproduksi Apapun

5. Percayalah pada diri sendiri

Investor tidak pandai memprediksi masa depan, kata Steven Check, yang menjalankan perusahaan penasihat keuangan Check Capital. Mereka cenderung bereaksi berlebihan terhadap masalah langsung. 

"Pasar tidak rasional dalam jangka pendek, tetapi selalu rasional dalam jangka panjang," kata Check. 

Gelembung tumbuh dan pecah tetapi jika Anda mempertimbangkan bagaimana bisnis akan dilakukan selama dekade berikutnya dan kemudian bertahan dengannya, "Anda pada akhirnya akan mendapatkan imbalan," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×