kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Warren Buffett: Jika tak punya integritas, kecerdasan dan energi akan membunuh Anda


Rabu, 11 Desember 2019 / 10:16 WIB
Warren Buffett: Jika tak punya integritas, kecerdasan dan energi akan membunuh Anda

Sumber: Forbes | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Ketika Warren Buffett memberikan petuahnya yang bijaksana, pilihan terbaik adalah mendengarkannya dengan seksama.

Ada satu kutipan yang bisa membuat seseorang terjebak berkaitan dengan mempekerjakan orang yang tepat. Buffett berkata:

"Anda mencari tiga hal, secara umum, dalam diri seseorang: kecerdasan, energi, dan integritas. Dan jika mereka tidak memiliki yang terakhir, jangan repot-repot dengan dua yang pertama. Setiap orang memiliki kecerdasan dan energi - Kamu tidak akan berada di sini kalau tidak punya. Tapi integritas terserah Anda. Anda tidak dilahirkan dengan itu, Anda tidak bisa mempelajarinya di sekolah."

Baca Juga: Warren Buffett: Tidak perlu IQ tinggi untuk masuk ke bisnis sekuritas

Buffett juga mengatakan bahwa jika Anda tidak memiliki integritas, kecerdasan dan energi akan membunuh Anda. Dia juga dengan lucu menyindir, "Jika kamu mempekerjakan seseorang tanpa [integritas], kamu benar-benar ingin mereka menjadi bodoh dan malas."

Apa yang dikatakan Buffett, sepertinya  sangat tepat. Kecerdasan dan kerja kerasnya selama 60 tahun sebagai salah satu investor top dunia telah menjadikannya seorang miliarder. Integritas, bagaimanapun, selalu menjadi pilihan bagi Buffett, dan akan selalu menjadi pilihan bagi siapa pun dari kita yang mencari kesuksesan.

Baca Juga: Ini 25 orang tertajir Indonesia tahun 2019

"Anda memutuskan untuk menjadi tidak jujur, pelit, tidak kenal belas kasihan, egois, semua hal yang orang tidak suka pada orang lain," kata Buffett. "Itu semua pilihan. Beberapa orang mengira ada sedikit kekaguman yang terbatas untuk dibagikan, dan apa pun yang orang lain keluarkan dari panci, lebih sedikit yang tersisa untukmu. Tapi justru sebaliknya."

Ketika membahas soal menemukan orang yang tepat untuk posisi tertentu, Anda harus berusaha keras untuk mendapatkan jawaban yang dibutuhkan untuk merasa yakin bahwa kandidat terbaik memiliki integritas untuk melakukan tugas dengan keunggulan terbaik. Kalau tidak, satu apel buruk bisa mahal untuk bisnis.

Baca Juga: Bukan Jeff Bezos, inilah 10 orang terkaya di dunia sepanjang sejarah

Ingat, jika Anda mempekerjakan seseorang dengan energi tinggi dan kecerdasan tinggi, Anda mungkin mendapatkan bintang rock. Tetapi pekerjakan bintang rock dengan energi tinggi, kecerdasan tinggi, tetapi integritas rendah dan Anda akan mendapatkan pencuri yang pintar dan bergerak cepat.

 




TERBARU

Close [X]
×