kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Warren Buffett Jual Seluruh Saham General Motors, Johnson & Johnson, dan P&G


Jumat, 17 November 2023 / 05:12 WIB
Warren Buffett Jual Seluruh Saham General Motors, Johnson & Johnson, dan P&G
ILUSTRASI. Warren Buffett telah melepaskan semua kepemilikannya di General Motors, Jhonson & Johnson, dan P&G. REUTERS/Rick Wilking


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Berkshire Hathaway mengatakan perusahaan telah melepaskan semua kepemilikannya di General Motors. Berkshire juga menjual saham miliknya di Johnson & Johnson dan Procter & Gamble. 

Tidak hanya itu, Berkshire juga memangkas kepemilikan sahamnya di Amazon.com. Aksi korporasi perusahaan konglomerat yang dikendalikan oleh Warren Buffett itu semakin meningkatkan cadangan uang tunai yang dimiliki perusahaan hingga mencapai rekor US$ 157,2 miliar.

Melansir Reuters, dalam pengajuan yang disampaikan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission) pada hari Selasa (14/11/2023) yang menggambarkan kepemilikan sahamnya yang terdaftar di AS pada 30 September, Berkshire melaporkan tidak ada kepemilikan sahamnya di GM, J&J dan P&G.

Padahal, pada bulan Juni, Berkshire melaporkan kepemilikan masing-masing sebesar US$ 848 juta untuk GM, US$ 54 juta J&J, dan US$ 48 juta untuk P&G.

Berkshire juga menjual sahamnya senilai US$ 621 juta di perusahaan bahan khusus Celanese dan kepemilikan kecilnya di perusahaan makanan Mondelez International dan United Parcel Service. Adapun kepemilikannya di Amazon turun 5%.

Baca Juga: Warren Buffett: Kita Takkan Berhasil Bikin Kesepakatan yang Baik dengan Orang Jahat

Salah satu posisi baru Berkshire adalah mengempit saham senilai US$ 8 juta di Atlanta Braves Holdings. Ini menjadikan Berkshire secara tidak langsung mengendalikan tim Major League Baseball dan The Battery Atlanta.

Pengajuan rincian investasi pada hari Selasa yang mencakup sebagian besar portofolio ekuitas Berkshire yang berbasis di Omaha, Nebraska, berjumlah US$ 318,6 miliar pada 30 September.

Berkshire menjual saham senilai US$ 7 miliar, termasuk beberapa investasi besarnya di Chevron. Bershire tampak hanya membeli saham senilai US$ 1,7 miliar pada kuartal ketiga.

Sepanjang tahun 2023, Berkshire telah menjual saham senilai US$ 23,6 miliar lebih banyak daripada yang dibelinya.

Baca Juga: Sejarah dan Biaya Makan Siang dengan Warren Buffett dari Tahun ke Tahun

Penjualan bersih ini berkontribusi pada rekor cadangan uang tunai Berkshire, yang jumlahnya hampir sama dengan kepemilikan saham Apple yanh nilainya mencapai US$ 156,8 miliar.

Pengajuan tersebut tidak menyebutkan investasi mana yang merupakan milik Buffett, atau mana yang berasal dari manajer portofolionya, Todd Combs dan Ted Weschler.




TERBARU

[X]
×