kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,81   2,76   0.34%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Warren Buffett mundur dari Gates Foundation, sumbangkan setengah dari kekayaannya


Kamis, 24 Juni 2021 / 05:00 WIB
Warren Buffett mundur dari Gates Foundation, sumbangkan setengah dari kekayaannya

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Investor miliarder Warren Buffett mengumumkan, dirinya mengundurkan diri sebagai wali atau trustee dari Bill and Melinda Gates Foundation.

Selain itu, dia juga telah menyumbangkan setengah kekayaannya untuk filantropi. Warren Buffett memang telah berjanji 15 tahun lalu untuk memberikan kekayaannya yang didapat dari bisnis Berkshire Hathaway Inc.

Melansir Reuters, Warren Buffett, 90 tahun, mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Rabu bahwa dia telah menjadi "wali tidak aktif" selama bertahun-tahun di yayasan. Akan tetapi, dia sepenuhnya mendukung Kepala Eksekutif Mark Suzman dengan mengatakan bahwa tujuan mereka 100% selaras.

Dalam pernyataannya, Warren Buffett tidak menjelaskan alasan pengunduran dirinya. Namun dia memberikan catatan bahwa dia telah melepaskan semua jabatan direktur di luar Berkshire untuk mengurangi beban kerjanya.

Baca Juga: Simak 6 cara mengajari anak Anda menjadi Warren Buffett berikutnya

Warren Buffett juga mengumumkan donasi baru senilai US$ 4,1 miliar saham Berkshire kepada Gates Foundation dan empat badan amal keluarga, bagian dari janjinya untuk memberikan 99% dari kekayaan bersihnya.

Sejak tahun 2006 dia telah menyumbangkan lebih dari US$ 41,5 miliar saham Berkshire, termasuk lebih dari US$ 32,7 miliar kepada Gates Foundation. Total keseluruhan sekarang setara dengan sekitar US$ 100 miliar karena harga saham Berkshire terus meningkat.

Baca Juga: Bill Gates-Warren Buffett bangun reaktor nuklir senilai Rp 14,32 triliun di Wyoming

"Selama beberapa dekade saya telah mengumpulkan jumlah yang hampir tidak dapat dipahami hanya dengan melakukan apa yang saya sukai," kata Buffett. "Masyarakat menggunakan uang saya: saya tidak."




TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×