kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apple berusaha jegal penjualan Galaxy S III di AS


Kamis, 07 Juni 2012 / 11:10 WIB
Apple berusaha jegal penjualan Galaxy S III di AS
ILUSTRASI. Maskapai Sriwijaya Air: Armada pesawat jenis Boeing 737 milik maskapai Sriwijaya Air.


Reporter: Edy Can, Bloomberg | Editor: Edy Can

CALIFORNIA. Perseteruan antara Apple Inc. dengan Samsung Electronics Co. semakin sengit. Kali ini, Apple berusaha menjegal Samsung untuk memasarkan ponselnya terbarunya, Galaxy S III, di Amerika Serikat.

Apple telah mendaftarkan gugatan pelanggaran hak cipta terhadap Samsung ke pengadilan San Jose, California pada Selasa (5/6) lalu. Dalam gugatan itu, produsen iPhone ini menuding Samsung setidaknya menyalahi dua hak paten miliknya.

Pertikaian kedua raksasa produsen ponsel ini telah terjadi sejak April 2011 lalu. Ketika itu, Apple menuding Samsung secara terang-terangan mencontek iPhone miliknya. Keduanya pun saling mengajukan gugatan. Total ada 30 gugatan yang tersebar di empat benua.

Gugatan ini juga menandakan gagalnya negosiasi antara kedua pemimpin perusahaan. Sebelumnya, pada bulan lalu, Chief Executive Officer Apple Tim Cook dan Samsung Choi Gee Sung bertemu untuk memediasi pertikaian ini.
Juru bicara Samsung enggan menanggapi gugatan Apple tersebut. Namun, analis Daewoo Securities Co. James Song menilai, gugatan Apple ini tidak akan berhasil. "Ponsel cerdas bukan lagi produk yang unik milik Apple. Tidak mudah untuk meyakinkan hakim untuk memblokir penjualan tersebut," katanya, Kamis (7/6).

Produk Galaxy S III ini telah mendongkrak Samsung menjadi pemimpin pasar ponsel cerdas mengalahkan Apple pada kuartal pertama tahun ini. Perusahaan Korea Selatan ini telah menjual 24 juta Galaxy S III sejak diluncurkan pada Juni 2010 lalu dan 28 juta unit Galaxy S II dalam 13 bulan.

Rencananya, Samsung akan mulai memasarkan Galaxy S III di Negeri Uwak Sam pada 21 Juni ini. Anehnya, kendati bertikai di meja hijau, Apple masih tetap menjadi pembeli utama chips dan layar buatan Samsung.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×