: WIB    --   
indikator  I  

Burger King bakal bangun 1.000 gerai di China

MIAMI. Restoran cepat saji, Burger King berencana berekspansi ke Asia dalam skala besar. Restoran fast food ini bakal membuka 1.000 gerai baru di China. Semuanya akan dibangun dalam waktu lima hingga tujuh tahun mendatang.

Rencana tersebut diungkapkan setelah restoran spesialis burger ini meneken kesepakatan bersama dengan keluarga Kurdoglu, yang sudah memegang hak waralaba Burger King terbesar di China.

Kesepakatan dalam bentuk kerja sama joint venture itu juga melibatkan perusahaan ekuitas swasta Cartesian Capital.

Burger King saat ini baru memiliki 63 gerai di Negeri Tirai Bambu. Masih sangat sedikit dibandingkan pesaingnya McDonalds's yang mempunyai 1.400 restoran di wilayah yang sama.

Sejumlah restoran cepat saji saat ini memang tengah mengincar pasar China terutama dari golongan menengah ke atas yang semakin meningkat.

April tahun ini, Burger King yang bermarkas di Miami, AS, mengumumkan rencana untuk menjual saham di Bursa efek New York setelah pemiliknya, perusahaan swasta ekuitas 3G Capital, sepakat menjual 29% saham perusahaan sebesar US$1,4 miliar ke perusahaan investasi kendaraan Inggris Justice Holdings.

3G Capital, yang membeli Burger King sebesar US$3,26 miliar pada September 2010, mempertahankan 71% saham perusahaan.


Reporter Dyah Megasari, BBC
Editor
EKSPANSI BURGER KING

Feedback   ↑ x