: WIB    --   
indikator  I  

Ekspor Singapura tumbuh 8,2% di Juni

Ekspor Singapura tumbuh 8,2% di Juni

SINGAPURA. Ekspor domestik non-migas tahunan Singapura tumbuh untuk pertama kalinya di Juni. Ini merupakan pertumbuhan pertama dalam dua bulan terakhir. 

Pertumbuhan tersebut terjadi karena adanya peningkatan penjualan barang elektronik. Peningkatan tersebut juga didukung oleh permintaan global yang semakin membaik.

CNBC melaporkan, ekspor Singapura mengalami kenaikan sebesar 8,2%. Kenaikan ini jauh lebih tinggi dibandingkan perkiraan analis. Senin (17/7), jajak pendapat Reuters memperkirakan, adanya pertumbuhan ekspor sebesar 4,1%.

International Enterprise (IE) Singapura pada Mei lalu merevisi perkiraan ekspor domestik non-migas di 2017 yang semula tumbuh 0%-2% menjadi 4%-6%. IE Singapura juga mempertahankan perkiraan pertumbuhan ekspor domestik non-migas sebesar 4%.

Pada periode Mei, ekspor non-migas tumbuh sebesar 0,4% dari tahun sebelumnya. CNBC menjelaskan, pada bulan-bulan yang telah disesuaikan secara musiman ekspor pada Juni mengalami penurunan sebanyak 2,7%. Padahal sebelumnya telah mengalami kenaikan sebesar 9,4%. Jajak pendapat yang dilakukan memproyeksikan penurunan senilai 2,1% pada Juni.

Bagi Singapura, ekspor di sektor elektronika adalah penggerak utama pengiriman dalam beberapa bulan terakhir. Sektor tersebut mengalami kenaikan sebesar 5,4% pada Juni lalu. Kenaikan tersebut terjadi secara tahunan.


Reporter Arkani Ikrimah
Editor Dessy Rosalina

SINGAPURA

Feedback   ↑ x
Close [X]