kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ibadah umrah boleh dilakukan dua kali, tapi jamaah harus menunggu 14 hari


Rabu, 30 September 2020 / 15:44 WIB
Ibadah umrah boleh dilakukan dua kali, tapi jamaah harus menunggu 14 hari


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MAKKAH. Peziarah harus menunggu 14 hari sebelum memesan tanggal lain untuk melaksanakan umrah, sementara aplikasi Eatmarna akan segera diluncurkan di Android, kata Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

“Jamaah bisa umrah dua kali, tapi harus menunggu 14 hari sebelum umroh kedua kalinya, untuk memberikan kesempatan kepada semua orang untuk menunaikan umrah sejalan dengan tindakan pencegahan yang diperlukan akibat virus corona,” kata Dr. Amr Al-Maddah, kepala perencanaan dan petugas strategi kementerian kepada Arab News.

Kementerian sedang mempelajari tempat-tempat yang tersedia yang dapat digunakan oleh jamaah untuk melakukan umrah sambil menjaga jarak sosial, memastikan protokol kesehatan.

Al-Maddah mengatakan, sejauh ini 35.000 permintaan telah terdaftar untuk melaksanakan umrah. Jamaah akan mulai melakukan umrah pada 4 Oktober dalam tahap pertama rencana umrah tahun ini, sejalan dengan protokol dan prosedur kesehatan. Pada tahap pertama, jamaah akan melakukan umrah pada enam waktu yang berbeda dalam sehari, masing-masing jamaah tiga jam.

Ditambahkannya, antara magrib dan sholat magrib, jemaah haji tidak diperbolehkan umrah dan dialokasikan untuk pembersihan dan disinfektan. “Peziarah akan mulai melakukan umrah pada tengah malam, dengan tempat didesinfeksi sebelum kedatangan setiap kelompok.”

Setiap kelompok akan didampingi oleh pengawas yang akan memastikan jamaah menghormati jarak sosial, dan mengikuti instruksi dan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Ruang isolasi akan disediakan di hotel di area pusat untuk menangani setiap kasus potensial.

Baca Juga: Arab Saudi merinci pengecualian pembatasan perjalanan akibat Covid-19

Tahap kedua, yang dijadwalkan dimulai dua minggu kemudian, akan didahului dengan penilaian komprehensif tahap pertama untuk mengatasi kekurangan yang ada. "Kerajaan menerapkan kewaspadaan ekstra selama musim Haji dan Umrah untuk melindungi Muslim di seluruh dunia, dan memungkinkan mereka untuk menunaikan ibadah haji dengan nyaman dan damai sejalan dengan tindakan pencegahan," kata Al-Maddah.

"Rencana tiga tahap akan memberikan umpan balik tentang komitmen para peziarah terhadap protokol dan penyesuaian dengan keadaan saat ini," tambahnya.

Dia mengatakan bahwa aplikasi itu seharusnya diluncurkan lebih awal, tetapi ditunda karena kebijakan Android. Aplikasi itu disajikan ke Apple dan Android secara bersamaan, tetapi Apple menyelesaikan prosedur lebih awal, tambahnya.

Sementara itu, Menteri Urusan Bimbingan Islam, Sheikh Dr. Abdullatif bin Abdul Aziz Al-Sheikh, mengumumkan kesiapan kementerian untuk menerima jamaah umrah di semua Miqat sesuai dengan protokol kesehatan yang telah disetujui. Ia memuji upaya kepemimpinan dalam menghadapi pandemi, selain peran sektor pemerintah dalam menjamin keselamatan warga, warga, dan pelaku umrah.

Selanjutnya: Arab Saudi buka bertahap kegiatan umrah, belum ada kepastian bagi jamaah Indonesia




TERBARU

[X]
×