: WIB    —   
indikator  I  

Imigran India yang sukses berbisnis kesehatan (1)

Imigran India yang sukses berbisnis kesehatan (1)

KONTAN.CO.ID - Uni Emirat Arab (UEA) adalah negara kaya di Asia. Negara di kawasan Timur Tengah ini menjadi tempat impian sejumlah pekerja untuk mengubah garis hidup. Shamsheer Vayalil, imigran asal India, tertarik mengadu nasibnya di UEA usai dikukuhkan sebagai seorang dokter. Berawal dari bekerja di rumah sakit swasta di Arab, kini Shamsheer menjadi pemilik dari VPS Healthcare yang mengelola 20 rumah sakit di kawasan Asia Timur.

Shamsheer lahir di Kerala, pada tanggal 11 Januari 1977. Ia menyelesaikan kuliah Sarjana Kedokterannya dari Kasturba Medical College, India, kemudian melanjutkan gelar spesialis di Radiology dari Sri Ramachandra Medical College, India, and Research Institute di Chennai, India.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Shamsheer memilih untuk melayani kesehatan di Abu Dhabi. Selama setahun ia bekerja sebagai dokter di rumah sakit swasta Sheikh Khalifa Medical City. Melihat peluang bisnis kesehatan amat besar, ia memulai bisnis kesehatan pertama di tahun 2007.

Shamsheer merasa harus membangun jaringan kesehatan sendiri karena melihat rencana Pemerintah UEA melakukan pengenalan skema asuransi kepada masyarakatnya. Hal ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan sosial masyarakat.

Apalagi, saat itu, pemerintah UEA juga mencanangkan program perawatan kesehatan kelas dunia. Infrastruktur yang menunjang kesehatan masyarakat juga dibangun dengan serius.

Kondisi yang menggiurkan tersebut mendorong Shamsheer melayani pasiennya sendiri. Dengan bendera VPS Healthcare yang berlokasi di Jalan Electra, Shamsheer yang berusia 30 tahun saat itu, fokus pada bidang pemberian layanan kesehatan, farmasi, dan kesehatan.

Sukses di tanah perantauan, 9 tahun kemudian, dokter yang kerap melakukan tugas kemanusiaan ini mulai ekspansi rumah sakit di luar UEA.

Shamsheer membangun kelompok perawatan kesehatan terpadu dengan 16 rumah sakit operasional, manufaktur farmasi, rantai ritel farmasi internasional dan layanan dukungan kesehatan lainnya yang tersebar di Timur Tengah, Eropa, dan India.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

SHAMSHEER VAYALIL

Feedback   ↑ x
Close [X]