kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lagi, India tangkap tentara China yang menyeberang perbatasan


Senin, 11 Januari 2021 / 16:41 WIB
Lagi, India tangkap tentara China yang menyeberang perbatasan
ILUSTRASI. Tentara India berdiri dalam formasi setelah turun dari pesawat angkut militer di pangkalan udara depan di Leh, Ladakh, 15 September 2020.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Militer India mengatakan, telah mengembalikan seorang tentara China yang ditahan di dekat perbatasan terpencil Himalaya, di mana ribuan tentara dari dua tetangga bersenjata nuklir itu telah berhadapan selama berbulan-bulan setelah bentrokan mematikan.

"Tentara PLA (Tentara Pembebasan Rakyat China) yang telah ditangkap pada 8 Januari 2021, telah dikembalikan ke China di Chushul-Moldo pada pukul 10.10 hari ini (Senin)," kata Angkatan Darat India dalam sebuah pernyataan Senin (11/1), seperti dikutip Reuters.

China telah menyerukan kepada India pada Sabtu (9/1) untuk segera mengembalikan seorang tentara yang hilang sehari sebelumnya di sepanjang perbatasan. Mereka telah melaporkan insiden tersebut kepada pihak berwenang India.

Tentara China itu ditangkap oleh pasukan India di Selatan Danau Pangong Tso di wilayah Barat Himalaya di Ladakh, yang berbatasan dengan Tibet yang dikuasai China, menurut seorang pejabat India.

Baca Juga: Ini dia pos militer China yang terletak di ketinggian tertinggi

Ini adalah insiden kedua dalam beberapa bulan terakhir. Oktober lalu, seorang tentara China yang melintasi perbatasan di Demchok, Ladakh, ditahan oleh pasukan India dan dikembalikan dalam beberapa hari.

Pasukan India dan China tetap terkunci dalam konfrontasi dataran tinggi di sepanjang perbatasan di Ladakh, di mana tentara bentrok dalam pertempuran jarak dekat yang brutal pada Juni lalu.

Dua puluh tentara India tewas dalam bentrokan itu, dan pihak China menderita jumlah korban yang tidak diungkapkan.

Kedua belah pihak sejak itu mengatakan, mereka mencari cara untuk meredakan situasi di perbatasan. Tetapi, pembicaraan hanya membuat sedikit kemajuan, dan mereka mempertahankan penempatan militer besar-besaran selama bulan-bulan musim dingin yang membekukan.

Selanjutnya: Pembicaraan India dan China soal perbatasan di Himalaya kembali buntu




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×