: WIB    —   
indikator  I  

Malang-melintang jadi CEO di tentakel Alibaba (3)

Malang-melintang jadi CEO di tentakel Alibaba (3)

KONTAN.CO.ID - Tidak ada yang salah saat Lucy Peng meninggalkan profesi sebagai dosen untuk menikah dan kemudian berbisnis. Berbekal ilmu pengetahuan yang mumpuni ditambah kemampuan pengelolaan manajemen yang cemerlang, wanita yang kondang dengan nama Peng Lei ini menjadi sosok orang kaya dunia pemilik harga senilai US$ 1,1 miliar. Bergabung bersama Alibaba Group telah mengubah nasib Peng Lei. Dia pun mendapat pengakuan sebagai pebisnis wanita yang tangguh.

Banyak faktor yang mampu menopang pertumbuhan bisnis suatu usaha. Salah satunya adalah gaya kepemimpinan yang dapat membuat para pegawai nyaman dan bersemangat bekerja. Hal tersebut ada dalam diri Lucy Peng atau yang lebih dikenal dengan nama Peng Lei, seorang miliarder yang terlahir dari perusahaan e-commerce besar China, Alibaba Group.

Wanita yang kini berusia 44 tahun tersebut merupakan seorang pebisnis yang ulet dan cemerlang. Karier Peng Lei di Alibaba Group, tidak lantas dimulai dari jabatan empuk. Namun justru jabatan yang sangat menantang, yakni kepala sumber daya manusia (SDM). Tak hanya duduk di balik meja, Peng Lei turun langsung ke lapangan, bersosialisasi dan memantau 35.000 karyawan perusahaan yang dimiliki miliarder dan pemilik Alibaba, Jack Ma.

Semangat Peng Lei untuk bekerja secara efisien, menyebabkan dia mendapat apresiasi dari manajemen dan jajaran karyawan Alibaba Group. Alhasil, kepiawaiannya menggawangi divisi SDM, membuat karier Peng Lei kian melesat.

Posisi tertinggi dalam karier Peng Lei pertama kali datang saat Alibaba Group menunjuknya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Alipay, perusahaan pembayaran online pada tahun 2010. Setelah itu, dia kembali didaulat menjadi orang nomor satu di Alibaba Small Micro Financial Services pada Maret 2013.

Prinsip menjalankan bisnis dengan tegas dan rendah hati membuat seorang Peng Lei dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di bidang digital. Pada tahun 2015, Fortune menempatkan Peng Lei sebagai wanita paling berpengaruh di Asia yang masuk ranking ke-11.


Reporter Umi Kulsum
Editor Tri Adi

LUCY PENG

Feedback   ↑ x
Close [X]