kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar saham Arab Saudi akan dibuka untuk asing


Selasa, 22 Juli 2014 / 12:01 WIB
Pasar saham Arab Saudi akan dibuka untuk asing
ILUSTRASI. Cara mengatasi peluncur sistem terus berhenti di Xiaomi.


Sumber: Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

RIYADH. Arab Saudi akan membuka pasar saham mereka kepada investor internasional. Artinya, investor asing akan memiliki akses besar untuk masuk ke pasar saham terbesar di Arab. Langkah ini dilakukan pemerintah Arab Saudi dalam rangka diversifikasi perekonomian mereka.

Berdasarkan kantor berita SPA, pemerintah Arab Saudi memberikan wewenang kepada Regulator Bursa Efek untuk memperbolehkan institusi finansial luar negeri untuk bertransaksi saham di Tadawul All Share Index dan memberikan regulator waktu untuk menentukan batas waktu pelaksanaannya. Asal tahu saja, saat ini, pasar saham bernilai US$ 531 miliar tersebut hanya terbatas untuk investor domestik dan investor asing dari enam negara Gulf Cooperation Council.

Arab Saudi melonggarkan kebijakan di pasar saham untuk menarik dana senilai US$ 130 miliar yang akan digunakan untuk meningkatkan industri non-minyak.

Raja Abdullah (90), telah berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi Arab Saudi di level 6,4% dalam empat tahun terakhir. Padahal, negara-negara tetangga mereka mulai dari Mesir hingga Iraq tengah terbelit krisis geopolitik dan guncangan pasar finansial.

"Raksasa besar yang sedang tertidur di wilayah Timur Tengah adalah Arab Saudi, di mana pasar saham dengan kapitalisasi besar ini tidak bisa diakses oleh investor asing. Sangat menyenangkan dengan adanya kebijakan baru ini. Hal ini akan memberikan kredibilitas yang lebih besar ke wilayah tersebut," jelas Gary Dugan, chief investment officer National Bank of Abu Dhabi PJSC dari Abu Dhabi.

Menurut Dugan, langkah ini juga merupakan langkah besar pasar saham Arab Saudi untuk masuk ke dalam indeks MSCI Emerging Market. Pasar saham Arab Saudi merupakan pasar saham terbesar selain CHina di mana transaksi sahamnya tak dilibatkan dalam indeks MSCI global karena terbatasnya keterlibatan investor asing.

Catatan saja, Tadawul Indx sudah melonjak 14% di sepanjang tahun ini. Sebagai perbandingan, indeks MSCI Emerging Market naik 6%.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×