kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Qatar sewa kuasa hukum kelas berat dari Amerika


Senin, 12 Juni 2017 / 12:51 WIB
Qatar sewa kuasa hukum kelas berat dari Amerika


Sumber: money.cnn | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

DOHA. Krisis di kawasan Teluk membuat Pemerintah Qatar menyewa salah satu penasehat hukum kelas berat dunia untuk memberikan pandangan ke negara tersebut mengenai hukum keuangan kontra-terorisme internasional.

Dia adalah John Ashcroft, mantan senator AS dan jaksa agung AS di bawah pemerintahan Presiden George W Bush. Berdasarkan keterbukaan informasi di Departemen Kehakiman, Qatar menggandeng Ashcroft untuk membimbing Qatar di tengah krisis diplomatik.

Nama besar ini muncul setelah Qatar dikucilkan oleh negara-negara Timur Tengah, termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Mereka menuduh Qatar mendukung terorisme dan mengacaukan stabilisasi wilayah tersebut dengan hubungannya dengan Iran.

Selain itu, Presiden Trump juga menuduh pemerintah Qatar mendanai kelompok teroris.

Kesepakatan tersebut pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg pada pekan ini setelah firma hukum Ashcroft mengeluarkan keterbukaan informasi ke Departemen Kehakiman. Para pelobi dan pengacara AS yang terlibat dengan pihak asing memang harus mengumumkan informasi tersebut.

Firma hukum Ashcroft mengenakan biaya kepada pemerintah Qatar senilai US$ 2,5 juta untuk proyek 90 hari pertama mengingat pentingnya permasalahan yang ada. Firma hukum Ashcroft menegaskan akan menjadikan kasus ini sebagai prioritas utama.

Berdasarkan file yang dirilis 9 Juni tersebut, Ashcroft akan memimpin langsung kasus ini.

Namun, firma hukum tersebut juga akan menggandeng sejumlah pihak yang merupakan mantan pimpinan utama lembaga pemerintahan dunia yang bisa membantu kasus ini. Pihak-pihak itu meliputi komunitas intelijen AS, FBI, dan Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Departemen Keuangan.

Firma hukum Ashcroft mengatakan pihaknya akan memberikan pemerintah Qatar dengan nasihat strategis yang komprehensif, bimbingan hukum, dukungan dan perwakilan terkait dengan konfirmasi, edukasi, evaluasi dan laporan atas upaya (pemerintah Qatar) dalam memberantas terorisme global.




TERBARU

[X]
×